Masjid Al Ikhlas Sawangan

Kastara.ID, Depok – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengingatkan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) untuk ikut mempersiapkan generasi penerus yang akan terus mengbangkan tata kelola masjid.

Pesan ini disampaikan Menag saat meresmikan Masjid Al Ikhlas, di Pengasinan, Sawangan,  Depok, Sabtu (16/2). Peresmian dihadiri lebih tujuh ratusan jemaah yang memadati bagian dalam dan halaman masjid. Mereka didominasi kaum ibu warga sekitar masjid.

“Mumpung masih ada kesempatan, persiapkan generasi mendatang untuk terus memakmurkan masjid ini sehingga kita mampu mengembangkannya di masa mendatang,” pesan Menag.

Masjid Masjid Al Ikhlas Pengasinan, Sawangan, Depok, dibangun pada Februari 2004. Masjid tersebut didesain berlantai dua, namun baru selesai satu lantai dan pertama kali digunakan untuk Salat Jumat pada 2008.

Masjid ini berdiri di atas tanah seluas 700 meter dengan luas bangunannya adalah 200 meter.

Sebagian besar DKM masjid ini adalah pensiunan pegawai Kementerian Agama. “Jangan lupa untuk terus membina generasi mendatang. Kita bisa seperti ini karena jasa pendahulu,” pesannya.

“Saya berharap pengurus dan jemaah masjid mampu menjaga dan merawat keberadaan masjid. Masjid tidak hanya dijadikan tempat salat, tapi juga untuk pengajian dan pendidikan, termasuk pengembangan ekonomi masyarakat,” lanjutnya.

Peresmian ditandai dengan pembacaan basmalah serta penandatanganan prasasti. Sebelumnya dilakukan zikir bersama. Peresmian ini juga sekaligus menandai dimulainya pembangunan lantai dua Masjid Al Ikhlas.

Tampak hadir Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin beserta jajarannya, Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Mastuki, Kepala Biro Umum Syafrizal, serta sejumlah tokoh agama dan masyarakat. (lan)