Virus Corona

Kastara.ID, Jakarta – Sebanyak 238 warga negara Indonesia (WNI) yang sudah menyelesaikan program observasi selama 14 hari, sudah kembali ke daerah masing-masing. Kemarin (15/2) pagi, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto bersama rombongan menuju Natuna dan mengecek langsung kepulangan WNI ke daerah masing-masing.

“Sampai detik ini laporannya semua sehat. Untuk itu mohon doa restunya agar kepulangannya lancar tidak ada kendala apapun sehingga mereka bisa kembali ke pelukan keluarga dan masyarakat sekitarnya dengan penuh senyuman dan kebahagiaan,” kata Menteri Terawan.

Setelah pulang para WNI akan dilakukan surveilans tracking oleh Dinas Kesehatan masing-masing daerah dengan pengamatan yang sifatnya nyaman dan kekeluargaan. Sehingga tidak membuat keresahan.

Menteri Terawan berpesan kepada masyarakat agar para WNI ini diterima dengan baik, tidak ada pikiran negatif, semua sudah dilakukan sesuai prosedur dan saat ini sekarang dalam kondisi yang sehat. Batas observasi selesai, untuk selanjutnya Dinas Kesehatan telah bersiap untuk melakukan pengayoman kepada masyarakat.

“Ini adalah saudara-saudara kita yang sehat, karena itu kita berharap semuanya bisa kumpul kembali keluarganya dan lingkungannya dengan baik penuh suka cita dan penuh kegembiraan dan Tuhan pasti memberkati,” kata Menteri Terawan.

Menteri Terawan bersama Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, World Health Organization (WHO) Representatif Indonesia, Perwakilan dari Kominfo menjemput para WNI dari Natuna.

Menurut keterangan yang diterima kemarin (15/2), petang hari telah mendarat di Bandara Halim Perdana Kusuma di terminal khusus Haji. Sebagian WNI laki-laki yang diobservasi menggunakan pesawat Hercules dan perempuan serta laki-laki menggunakan dua pesawat Boeing. (ant)