Asian Games 2018

Kastara.id, Jakarta – Pemerintah Provinsi (pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) perlu memastikan persiapan pelaksanaan Asian Games 2018 berjalan lancar. Pemprov juga harus mengantisipasi dengan maksimal kemungkinan terjadinya kebakaran hutan, dan lahan sehingga menimbulkan bencana asap.

“Saya yakin Asian Games berjalan baik di Palembang. Tapi saya titip kepada Pak Gubernur untuk hati-hati terhadap asap akibat kebakaran hutan dan lahan,” kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo,dalam keterangannya, Jumat (16/3).

Menurut Mendagri, pemerintah pusat telah berkomunikasi dengan para pimpinan perusahaan perkebunan di Indonesia. Pihak perusahaan diminta bertanggung jawab agar menjaga area lahan tidak terbakar.

“Bapak Presiden Jokowi sudah memanggil seluruh perusahaan perkebunan untuk ikut terlibat dalam pencegahan. Mereka diminta bertanggung jawab agar lahan tidak terbakar,” ujarnya.

Mendagri juga mengapresiasi upaya Gubernur Sumsel Alex Noerdin membangun daerah. Alex yang juga mantan Bupati Musi Banyuasin, Sumsel, dinilai mempunyai pemikiran seperti Presiden pertama RI, Sukarno.

“Pak Alex, kalau enggak berani, enggak nekat, Sumsel tidak seindah dan semegah seperti sekarang ini. Di antara provinsi yang ada di Sumatera, Sumsel cepat berkembang dan maju. Menempatkan posisi sebagai provinsi olahraga,” tambahnya. (npm)