Museum

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta akan menggratiskan kunjungan ke museum dan sejumlah destinasi wisata bagi masyarakat yang sudah menggunakan hak pilihnya, besok (17/4).

Adapun museum dan destinasi wisata yang digratiskan yakni Museum Sejarah Jakarta, Museum Joang 45, Museum MH Thamrin, Museum Prasasti, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Wayang, Museum Tekstil, serta Museum Bahari.

Selain itu, sejumlah destinasi wisata lain yang dikelola Disparbud juga digratiskan meliputi, Monumen Nasional (Monas), Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Planetarium, Taman Arkeologi Onrust, Rumah si Pitung Marunda, dan Anjungan DKI di Taman Mini Indonesia Indah.

Kepala Disparbud DKI Jakarta Edy Junaedi mengatakan, kebijakan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2019 tentang Pelayanan Tempat Wisata Sehubungan Dengan Hari Libur Pemilihan Umum Tahun 2019.

“Museum dan destinasi wisata kita buka pada pukul 13.00. Tujuannya, untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mencoblos terlebih dahulu,” ujarnya, Selasa (16/4).

Edy menjelaskan, agar bisa gratis masuk museum maupun destinasi wisata lain tersebut masyarakat cukup menunjukkan jari ungu sebagai bukti sudah mencoblos.

“Kami fasilitasi warga yang ingin berekreasi dan berwisata edukasi memanfaatkan waktu liburan,” terangnya.

Edy menginstruksikan agar para Kepala Unit Pengelola melakukan bimbingan dan pengawasan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para wisatawan.

“Lakukan mekanisme sesuai kebutuhan dan langkah antisipatif agar tidak terjadi antrean panjang,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Unit Pengelola Kawasan (UPK) Monas Munjirin menuturkan, pengunjung yang ikut mencoblos digratiskan masuk ke area museum, ruang kemerdekaan, sampai cawan.

“Kalau untuk ke Puncak Tugu Monas tetap dikenakan tarif Rp 10 ribu untuk dewasa, anak-anak Rp 2 ribu, dan mahasiswa Rp 5 ribu,” tandasnya. (hop)