Lin Chia-lung

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Transportasi Taiwan Lin Chia-lung mengundurkan diri secara resmi dari jabatannya setelah kisruh kecelakaan kereta yang menewaskan 49 orang pada 2 April lalu. Lin resmi lengser dari jabatannya setelah Perdana Menteri Taiwan, Su Tseng-chang, menerima surat pengunduran dirinya pada Rabu (14/4).

“Perdana menteri menerima surat pengunduran dirinya kemarin. Keputusan mulai berlaku pada 20 April,” ujar juru bicara kabinet Taiwan Lo Ping-cheng, kepada AFP dikutip, Jumat (16/4).

Lin sendiri mengajukan pengunduran diri itu pada awal bulan ini, sehari setelah kecelakaan kereta api yang juga melukai 200 orang itu terjadi.

Sebelumnya, pemerintah sempat menolak pengunduran diri Lin. Mereka menganggap Lin seharusnya berkonsentrasi untuk menanggulangi kecelakaan tersebut. Sebab, kecelakaan ini diduga terjadi karena kereta tergelincir dan menabrak satu truk yang terhenti di lintasan kereta tanpa alasan jelas.

Kecelakaan itu terjadi bertepatan dengan Hari Pembersihan Makam di Taiwan, sehingga jumlah penumpang sangat banyak, hingga mencapai 496 orang, 120 di antaranya berdiri.

Jalur kereta di Taiwan sendiri sangat efisien dan kuat. Namun, memang ada beberapa catatan kecelakaan dalam beberapa tahun belakangan. Pada 2018, 18 orang tewas dan 175 lainnya terluka ketika satu kereta keluar jalur di kawasan tersebut. (har)