Garuda Indonesia

Kastara.ID, Jakarta – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membantah pemerintah telah mengizinkan maskapai penerbangan asing melayani rute domestik. Hal ini menjawab tudingan bahwa maskapai China Airlines kini melayani rute penerbangan Jakarta-Makassar.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, yang terjadi adalah adanya kerja sama codeshare antara Garuda Indonesia dan China Airlines. Codeshare merupakan perjanjian kerja sama pelayanan penerbangan antara dua maskapai atau lebih dalam melayani satu rute penerbangan.

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub Hengki Angkasawan menjelaskan, China Airlines hanya melayani penerbangan dari Taiwan menuju Bandara Soekarno Hatta, Jakarta. Sedangkan penerbangan di Indonesia akan dilayani oleh Garuda.

Hengky menambahkan Garuda Indonesia adalah anggota Sky Team yang mempunyai kerja sama dengan China Airlines.

Hal serupa dikatakan VP Corporate Secretary Garuda Indonesia Ikhsan Rosan. Menurutnya rute Jakarta-Makassar tetap dilayani dan dioperasikan oleh Garuda. Ikhsan memastikan China Airlines tidak melayani rute tersebut.

Ikhsan menjelaskan, dengan adanya codeshare, pihak China Airlines akan menjual tiket dengan dua kode penerbangan, yaitu China Airlines dan Garuda Indonesia. Penumpang akan terbang dari Taipei menuju Jakarta menggunakan China Airlines dan dari Jakarta ke Makassar menggunakan Garuda.

Ikhsan menambahkan China Airlines bukan masakapai penerbangan milik China melainkan milik Taiwan. (rya)