Kota Tua

Kastara.ID, Jakarta – Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu melakukan penyemprotan cairan disinfektan di Jalan Hybrida Raya dan Jalan Boulevard Arta Gading, Kelurahan Kelapa Gading Barat (15/6).

Kepala Sektor IV Gulkarmat Kecamatan Kelapa Gading Idrisman mengatakan, penyemprotan mengerahkan satu unit mobil pemadam dan satu unit water mist. Tidak kurang dari 5.200 gram kaporit dilarutkan ke lebih dari 4.000 liter air yang disemprotkan.

“Penyemprotan ini upaya kita mengantisipasi penyebaran pandemi COVID 19. Secara berkala kita lakukan penyemprotan ke jalan protokol dan fasilitas umum,” katanya.

Dijelaskan Idris, sebelumnya pada Ahad (14/6) lalu pihaknya juga melakukan penyemprotan ke empat RPTRA di wilayah Kelapa Gading, yakni RPTRA Biru Laut, Gading Tarian, Dewi Shinta, dan RPTRA Gading Harmoni.

Di masing-masing RPTRA dikerahkan tiga unit water sprayer dengan sebanyak 10 orang personel melakukan penyemprotan.

“Penyemprotan di tiap RPTRA kita gunakan 36 gram kaporit dilarutkan ke 45 liter air. Semua bagian mulai dari halaman hingga fasilitasnya kita semprot,” tandasnya.

Sementara Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta juga melakukan penyemprotan disinfektan di seputar kawasan wisata Kota Tua, Jakarta Barat.

Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Satriadi Gunawan mengatakan, penyemprotan disinfektan kali ini difokuskan di Museum Seni Rupa, Museum Wayang, Museum Sejarah Jakarta, Museum Bank Indonesia, Museum Bank Mandiri, Kantor Imigrasi, Kantor Pos dan Giro, Stasiun Jakarta Kota, dan ruas jalan di kawasan Kota Tua.

“Penyemprotan disinfektan di kawasan Kota Tua kami lakukan sebagai upaya pencegahan COVID-19,” ujarnya (15/6).

Ia menuturkan, dalam penyemprotan ini, pihaknya mengerahkan 100 personel gabungan dari Dinas Gulkarmat, Satpol PP, Dishub DKI Jakarta dibantu TNI dan Polri. Bersama dengan itu juga dikerahkan tujuh unit armada high pressure, dua unit mobil watermist, lima unit mobil light rescue,16 unit power spray dan delapan unit power spray dari TNI.

“Melalui kegiatan ini, aktivitas pengunjung di kawasan Kota Tua diharapkan bisa menjadi lebih nyaman dan aman dari wabah COVID-19,” tandasnya. (hop)