Gelora Bung Karno

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta dikerahkan untuk melakukan penyemprotan disinfektan di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Satriadi Gunawan mengatakan, dalam penyemprotan disinfektan tersebut dikerahkan sebanyak 84 personel lengkap dengan sarana dan prasarana pendukung.

“Kami kerahkan dua unit kendaraan high pressure, dua unit kendaraan watermist, lima unit kendaraan light fire truck, dan 20 unit power sprayer,” ujarnya, Selasa (16/5).

Satriadi menuturkan, Stadion Utama GBK telah dibuka untuk umum pada fase PSBB masa transisi. Untuk itu, Dinas Gulkarmat DKI Jakarta bersama Manajemen GBK terus berupaya untuk melakukan pencegahan penularan pandemi COVID-19 dengan melakukan penyemprotan secara berkala pada venue maupun kawasan GBK dan Ring Road Stadion GBK.

“Penyemprotan disinfektan dilakukan pada Ring 3 yaitu halaman venue, serta Ring 4 mencakup jalan-jalan protokol yang mengelilingi kawasan GBK yaitu, Jalan Asia Afrika Senayan, Jalan Jenderal Sudirman, dan Jalan Gerbang Pemuda,” terangnya.

Ia meminta kepada manajemen GBK untuk selalu menerapkan protokol kesehatan ketat seperti pengecekan suhu tubuh setiap pengunjung dan mengharuskan mencuci tangan menggunakan sabun.

“Imbauan dan public service announcement juga disiapkan dan disampaikan kepada masyarakat melalui beragam platform media dan pengeras suara agar masyarakat dapat mematuhi protokol kesehatan yaitu menggunakan masker, menjaga jarak fisik, tidak bergerombol, dan lain-lain,” ungkapnya.

Satriadi menambahkan, Dinas Gulkarmat DKI Jakarta secara rutin melaksanakan sterilisasi lingkungan, fasilitas umum, fasilitas sosial, dan peribadatan melalui pembersihan, dan penyemprotan disinfektan.

“Kali ini penyemprotan disinfektan kami lakukan di GBK sebagai salah satu upaya pencegahan penularan COVID-19,” tandasnya. (hop)