Beranda Headline Berita Ketika Tokoh Kartun SpongeBob SquerePants Ternyata LGBT

Ketika Tokoh Kartun SpongeBob SquerePants Ternyata LGBT

Kastara.ID, Jakarta – Nickelodeon baru-baru ini mengakui karakter film SpongeBob SquerePants adalah bagian dari kampanye komunitas lesbian, gay, biseksual, transgender, dan queer (LGBTQ). Pengakuan ini disampaikan melalui akun twitter resminya @Nickelodeon.

Dalam cuitan yang diunggah (13/6) itu, jaringan televisi yang menanyangkan film kartun ini menuliskan “Celebrating #Pride with the LGBTQ+ community and their allies this month and every month” (Merayakan #Pride dengan komunitas LGBTQ+ bulan ini dan pendukungnya bulan ini dan setiap bulannya).

Dalam unggahan itu, Nickelodeon menampilkan gambar SpongeBob, tokoh Korra di serial The Legend of Korra, dan aktor transgender asal Kanada, Michael Cohen yang memerankan Schwoz Schwartz di Henry Danger.

Akibat unggahan itu, sejumlah penggemar langsung mencuitkan kalimat “SpongeBob gay.”

Selama ini penggemar memang kerap meributkan identitas karakter SpongeBob. Lantaran tidak menjelaskan jenis kelaminnya, pemirsa pun beranggapan tokoh berwarna kuning itu adalah gay. Namun pencipta tokoh SpongeBob SquarePants, Stephen Hillenburg mengaku tidak berniat menjadikan koki restoran Krusty Krab itu seorang gay.

Saat memberikan pernyataan pada 2005, Hillenburg justru bermaksud menjadikan SpongeBob dan temannya Patrick Starfish adalah aseksual atau tanpa jenis kelamin. Menurutnya, karakter dalam film yang bercerita tentang kehidupan di Bikini Bottom itu dibuat semata-mata agar tampak lucu. Hillenburg diketahui telah meninggal dunia pada November 2018.

Seorang penggemar menuliskan di akun twitternya, SpongeBob dan Patrick benar-benar punya bayi. Tulisan itu merujuk pada adegan SpongeBob dan Patrick merawat bayi kerang. Saat itu SpongeBob menjadi ibunya dan Patrick bapaknya.

Penggemar lain mengaku tidak terkejut dengan pernyataan Nickelodeon itu. Pasalnya isyarat SpongeBob adalah gay sudah terlihat sejak lama.

Lantaran memicu perdebatan tentang identitas SpongeBob di Twitter, Nickelodeon mematikan komentar atau balasan dari kicauan mereka. SpongeBob SquarePants tayang perdana pada 1 Mei 1999. Film kartun ini tayang selama 12 musim.

- Advertisement -

TERBARU

Pengawasan Internal Harus Ditingkatkan oleh PUPR–Kemenhub-Kemendes

Kastara.ID, Jakarta - Komisi V DPR RI meminta kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal,...