Rusia

Kastara.ID, Jakarta – ASEAN dan Rusia akan mengadakan Pertemuan Khusus Tingkat Menteri untuk membahas kerja sama penanganan COVID-19 pada 17 Juni 2020 melalui videoconference. Dalam pertemuan ini, sebagai Negara Koordinator kemitraan ASEAN-Rusia periode 2018-2021, Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi akan menjadi Co-chairs dan memandu jalannya pertemuan dimaksud bersama dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov.

Selama ini, di bawah coodinatorship Indonesia, ASEAN dan Rusia telah berhasil mencapai berbagai milestone, salah satunya elevasi kemitraan menjadi Mitra Strategis pada KTT ke-3 ASEAN-Rusia di Singapura, November 2018.

Selama situasi pandemi, kerja sama ASEAN-Rusia terus terjalin melalui mekanisme-mekanisme ASEAN yang telah ada, khususnya melalui implementasi area kerja sama di bidang kesehatan seperti yang tercemin dalam Comprehensive Plan of Action to Promote Cooperation between ASEAN and Russia (2016-2020).

Sebagai country coordinator, Indonesia terus berupaya untuk meningkatkan kerja sama ASEAN-Rusia, khususnya pada situasi krisis saat ini. Menindaklanjuti hal ini, Indonesia dan Rusia telah mengajak negara-negara anggota ASEAN untuk berpartisipasi dalam Special ASEAN-Russia Foreign Ministers Meeting on COVID-19 yang utamanya akan membahas upaya bersama ASEAN dan Rusia dalam penanganan pandemi saat ini termasuk berbagai upaya ke depan untuk mengurangi dampak sosial ekonomi.

Pertemuan ini diharapkan dapat menghasilkan berbagai kerja sama konkret antar ASEAN dan Rusia, seperti pelatihan tenaga medis, peningkatan kapasitas peralatan medis, dan sharing of knowledge untuk bersama-sama menangani COVID-19 serta dampak-dampak sosio-ekonomi yang ditimbulkan. ​(put)