Jambore Kebangsaan

Kastara.ID, Depok – 100 pelajar SMA-SMK Depok mengikuti Jambore Kebangsaan yang digelar oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Depok di Bumi Katulampa – Convention Resort. Kegiatan tersebut dilaksanakan sejak 13-14 Juni 2022.

“Jambore Kebangsaan bertujuan membentuk pelopor-pelopor pelindung serta penjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Pancasila. Selain, itu juga dapat dijadikan tonggak pemersatu bangsa dan membangkitkan semangat nasionalisme,” tutur Kepala Bakesbangpol Depok, Abdul Rahman yang dimuat situs resmi Pemkot Depok (14/6).

Abra, sapaan akrabnya, mengatakan, peserta Jambore Kebangsaan dapat belajar banyak dari rangkaian kegiatan yang diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan konsolidasi untuk meningkatkan wawasan kebangsaan.

Abra menjelaskan, banyak materi yang disampaikan mulai dari pengetahuan narkoba terhadap wawasan kebangsaan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Depok, Integritas dan Wawasan Kebangsaan oleh Kodim 05/08 Depok. Hingga materi Keluarga Sebagai Ketahan Kebangsaan oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Depok, Elly Farida.

“Semoga dengan kegiatan ini energi pemuda dapat disalurkan melalui berbagai kegiatan positif dan kontributif bagi kemajuan bangsa. Pemuda juga diingatkan agar senantiasa mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya. (dha)