KB

Kastara.ID, Depok – Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Cilodong sukses melaksanakan gebyar pelayanan serentak sejuta akseptor KB yang dirangkai dengan TNI Manunggal Keluarga Berencana Kesehatan (TMKK) dan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-2, kemarin (15/6). Dari kegiatan tersebut, ada 50 warga yang menjadi pengguna atau akseptor KB.

Kepala UPTD Puskesmas Cilodong, Meri Safriani menjelaskan, dalam kegiatan ini pihaknya memang menargetkan 50 wanita pasangan usia subur menjadi akseptor KB. Dari hasil ini, membuktikan bahwa kesadaran untuk merencanakan kehamilan warga Cilodong cukup baik.

“Alhamdulillah, sesuai target sasaran ada 50 orang pengguna akseptor KB. Rinciannya, akseptor IUD 26 orang dan implant 24 orang,” jelasnya yang dilansir laman resmi Pemkot Depok, Kamis (16/6).

Meri mengungkapkan, esensi utama penggunaan KB adalah menciptakan generasi sehat dan unggul, karena jumlah anak berpengaruh pada kualitas anak. Dengan menggunakan KB artinya merencanakan kehamilan dan kelahiran di saat yang tepat.

“Penggunaan KB juga mengurangi risiko kematian ibu dan anak, serta mencegah terjadinya stunting,” tegasnya.

Sebagai informasi, para akseptor KB juga diberikan paket sembako sebagai apresiasi mereka mendukung program pemerintah menciptakan generasi yang unggul dan sehat. Kegiatan ini juga turut dihadiri Danramil 03/Sukmajaya, Ibu-ibu Persit, dan unsur Kecamatan Cilodong. (dha)