Headline

Public Relation Berperan Vital Mendorong Pertumbuhan Start-Up

Kastara.ID, Jakarta – Perusahaan start-up punya tantangan tersendiri dalam membangun dan mengembangkan brand di pasar yang kompetitif. Ada strategi tak terlihat namun sangat berpengaruh, yakni strategi kehumasan atau public relations (PR). Dengan memanfaatkan kekuatan PR, start-up dapat mencapai tujuan bisnis dan membedakan diri dengan kompetitor. Ada sejumlah peran penting yang bisa dimainkan oleh PR, yakni membangun citra perusahaan, memperluas jaringan dan menciptakan hubungan yang baik dengan stakeholder atau pemangku kepentingan.

“Menciptakan kesadaran merek atau brand awareness menjadi salah satu prioritas utama di fase awal perusahaan start-up. Menciptakan kesadaran merek bisa dilakukan melalui strategi hubungan media. Melalui kerja sama dengan media, PR dapat membantu perusahaan start-up mendapatkan liputan pers yang positif. Berita dan artikel tentang perusahaan, produk, atau inovasi dari start-up itu sendiri akan membantu meningkatkan visibilitas di mata konsumen potensial,” ungkap Senior PR Manager startup insurtech Fuse, Nikky Sirait, dalam sebuah diskusi di Denpasar, Bali, akhir pekan lalu.

Setelah brand awareness mulai terbentuk, membangun citra positif adalah aspek penting. PR membantu perusahaan start-up dalam merumuskan pesan yang konsisten dan mencerminkan nilai-nilai dan visi perusahaan. Melalui penggunaan narasi yang kuat, PR dapat membentuk persepsi positif terhadap perusahaan dan produknya. Engagement atau keterlibatan masyarakat juga perlu dijalin. Dengan mengorganisir acara atau kegiatan sosial, PR dapat membantu perusahaan start-up terlibat dengan komunitas lokal dan menciptakan hubungan yang kuat dengan para pemangku kepentingan.

“Tidak hanya keterlibatan masyarakat, engagement media sosial juga perlu dibangun. PR berperan dalam memanfaatkan kekuatan media sosial untuk membangun engagement dan memperluas jangkauan start-up. Dengan mempublikasikan konten yang relevan dan menarik, PR dapat menciptakan hubungan yang berkelanjutan dengan audiens dan memperkuat citra merek,” ujar Nikky.

“Kerja-kerja PR membutuhkan ketekunan dan kreativitas. Tidak ada jalan pintas, yang ada adalah proses yang berkelanjutan. Dengan mengaplikasikan strategi PR dengan matang, perusahaan start-up dapat mencapai tujuan bisnis, memperluas pangsa pasar, dan membangun pondasi yang solid untuk pertumbuhan jangka panjang,” pungkasnya. (mar)

Leave a Comment

Recent Posts

Selamat Ginting: Salim Said Bagai Kamus Berjalan Soal Politik dan Militer

Kastara.id,Jakarta - Pengamat politik dan militer Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan sosok almarhum Prof…

SIT Darul Abidin Anak Didiknya Menciptakan Permainan Sehingga Otaknya Lebih Sehat

Kastara.Id,Depok - Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono memberikan Sambutan dalam Kegiatan Scratch Day Celebration…

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…

55 Anggota PPK Depok di Lantik Dan Langsung Berkerja Untuk Pilkada Serentak 2024

Kastara.Id,Depok - Kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat secara  resmi melantik…

Pencabutan dan Pembatalan Surat Pernyataan Sikap

Kastara.Id,Depok - Berdasarkan  Nomor  015/BSS/PS/V-2024 TANGGAL 14 MEI 2024.  Seluruh jajaran pengurus Perkumpulan Barisan Supian…

Selamat Ginting: Jurnalisme Investigasi Berkontribusi Terhadap Pemerintahan Demokrati

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting menegaskan, jurnalisme investigasi keberadaannya sangat penting…