Seminggu Bersama Keluarga Kemenkeu

Kastara.id, Jakarta – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyelenggarakan program Seminggu Bersama Keluarga Kemenkeu (SBKK), sebuah program pertukaran pelajar tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang berlangsung selama sembilan hari dari tanggal 07-15 Jul 2018.

Program ini bertujuan untuk memupuk dan mengembangkan nilai-nilai kebinekaan, perdamaian dan toleransi yang merupakan elemen penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dalam program ini, 13 pelajar (Adik SBKK) yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, menginap bersama 13 mahasiswa Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN (Kakak SBKK) di kediaman pejabat Eselon I dan II Kemenkeu (Keluarga SBKK). Adik, Kakak dan Keluarga SBKK ini sebelumnya telah melalui proses untuk memenuhi persyaratan.

Kriteria Adik SBKK adalah antara lain mempunyai potensi kepemimpinan, serta bersedia berbagi pengetahuan dan pengalaman yang didapatkan saat mengikuti program.

Sementara itu, untuk Kakak SBKK bersedia menyebarkan semangat dan nilai toleransi serta kebangsaan. Sedangkan untuk Keluarga SBKK harus menjadi teladan dalam keterbukaan pikiran dan toleransi terhadap perbedaan.

Program ini juga bertujuan mengenalkan tugas dan fungsi Kementerian Keuangan (Kemenkeu) serta nilai budaya Kemenkeu yaitu profesionalisme, sinergi, pelayanan, dan kesempurnaan kepada peserta program SBKK melalui pendekatan kekeluargaan.

“Ternyata, kita hidup untuk menyadarkan diri kita sendiri yang namanya Indonesia artinya apa. Itu ternyata perlu dicari lalu ditemukan dan perlu dikenali. Kalau sudah dicari, bertemu, dikenal artinya, akhirnya disayang. Saya berharap waktu kalian tinggal kemudian muncul rasa sayang dan rasa memiliki negara kita,” ucap Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati pada Malam Perpisahan Program SBKK di Aula Gedung B Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK), Jumat (13/7).

Sejumlah agenda program SBKK yang diselenggarakan antara lain kunjungan ke berbagai tempat ibadah, pelatihan 12 Nilai Perdamaian dari Peace Generation, pengenalan beragam budaya Indonesia, pengenalan aktivitas pengelolaan keuangan negara sebagai inti pengabdian Kemenkeu serta wisata bersama Keluarga SBKK. (mar)