Dark Mode

Kastara.ID, Jakarta – Facebook tengah mengembangkan fitur Dark Mode (atau mode gelap) di aplikasi Androidnya. Fitur tersebut diungkap oleh seorang Blogger beberapa waktu lalu (12/8).

Di pengumuman tampilan baru aplikasi Facebook ‘FB5’, Jane Manchun Wong berhasil mendapatkan tampilan ‘rahasia’ yang belum ada di aplikasi Android.

Setelah melihat koding dari aplikasi Facebook, Wong menemukan mode gelap di aplikasi tersebut yang belum tentu kapan akan dirilis oleh perusahaan Mark Zuckerberg tersebut.

“Saya menemukan mode gelap yang belum pernah dirilis di aplikasi seluler Facebook untuk Android dengan melihat kode di dalamnya, yang menunjukkan Facebook baru-baru ini mulai menerapkan mode gelap yang telah lama ditunggu-tunggu ke dalam aplikasi seluler mereka,” tulis Wong di dalam sebuah postingan blognya di WongMJane.com.

Fitur tersebut terlihat masih sangat di awal pengembangannya, dengan banyak warna yang belum kompatibel dengan fitur mode gelap tersebut.

“Mode gelap ini tampaknya berada pada tahap awal pengembangan, yang dapat dipahami. Untuk saat ini, hanya bagian tertentu dari aplikasi yang telah dikerjakan (desain) ulang untuk mendukung mode gelap. Misalnya, teks gelap ditampilkan pada latar belakang gelap, dan sebaliknya,” jelas Wong melanjutkan.

Sekedar informasi, Facebook sebelumnya telah mengumumkan fitur dark mode tersebut di versi website browsernya. Namun perusahaan tersebut belum mengabarkan peluncuran fitur tersebut di aplikasi berbasis Android maupun Apple. (rfr)