PMK
Kastara.ID, Jakarta – Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta menerima penghargaan atas keberhasilan sebagai Provinsi Menuju Nol Kasus Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) dari Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo.

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengatakan, penghargaan ini merupakan apresiasi dari Kementerian Pertanian RI terhadap daerah yang telah berupaya mengendalikan kasus PMK di wilayahnya menjadi nol kasus.

“Penghargaan ini memacu Pemprov DKI Jakarta berupaya semaksimal mungkin dalam menekan kasus aktif yang dapat muncul,” ujarnya, Selasa (16/8).

Eli menjelaskan, akselerasi cakupan vaksinasi terus dilakukan Dinas KPKP DKI Jakarta untuk meningkatkan kekebalan populasi hewan rentan PMK.

Selain itu, jajarannya juga berkolaborasi dengan instansi terkait untuk melakukan pengawasan dan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) kepada para pelaku usaha peternakan.

Ia menambahkan, Pemprov DKI Jakarta juga melakukan pengawasan dan monitoring ketat terkait lalu lintas ternak agar memenuhi prosedur protokol lalu lintas hewan dan produk hewan rentan PMK.

”Pemprov DKI Jakarta mengimbau kepada para pelaku usaha peternakan untuk berperan serta dalam upaya pengendalian PMK,” tandasnya. (hop)