Kastara.id, Jakarta – Di tengah melemahnya permintaan dunia, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita justru optimistis terhadap kinerja perdagangan 2016 akan berakhir surplus. Indikasinya terlihat pada kinerja perdagangan Agustus 2016 yang menorehkan surplus sekitar USD 0,3 miliar dan secara kumulatif surplus USD 4,4 miliar.

“Pencapaian surplus perdagangan hingga delapan bulan ini mendukung optimisme bahwa perdagangan kita akan menghasilkan surplus di 2016 ini,” kata Mendag Enggar hari ini, Jumat (16/9), di Jakarta.

Enggar menjelaskan, surplus Agustus 2016 sebesar USD 0,3 miliar bersumber dari surplus perdagangan nonmigas sebesar USD 0,9 miliar dan defisit perdagangan migas sebesar USD 0,6 miliar. Secara kumulatif, neraca perdagangan nonmigas Januari-Agustus 2016 surplus USD 7,7 miliar dan neraca perdagangan migas defisit USD 3,3 miliar sehingga secara total surplus mencapai USD 4,4 miliar.

Mendag mengungkapkan bahwa surplus perdagangan terbesar dihasilkan dari perdagangan nonmigas dengan Amerika Serikat, India, Filipina, Swiss, dan Belanda yang menyumbang USD 15,5 miliar. Sementara perdagangan dengan RRT, Thailand, Australia, Brasil, dan Argentina defisit perdagangan nonmigas terbesar hingga mencapai USD 16,7 miliar. (mar)