Pneumonia

Kastara.ID, Palembang – Elsa Pitaloka, seorang bayi berumur empat bulan asal Desa Talang Buluh, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin, Palembang, Sumatera Selatan, meninggal dunia akibat menderita Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), Ahad (15/9), setelah diduga terpapar asap tebal dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Elsa mengalami sesak nafas sejak hari Sabtu (14/9). Elsa mengalami gagal pernapasan dan akhirnya meninggal dunia RS Ar-Rasyid Palembang. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin M. Hakim yang mendengar kabar tersebut segera melakukan pengecekan ke RS Ar-Rasyid.

M. Hakim menjelaskan, Elsa didiagnosa terkena pneumonia. Pneumonia merupakan infeksi yang menimbulkan peradangan pada kantong udara dan menyebabkan adanya cairan di paru-paru yang bisa berisi nanah. Infeksi ini disebabkan karena menghirup udara yang tidak sehat serta mengandung partikel asap.

Menurut perangkat desa BPD Desa Talang Buluh Agus Darwanto, terdapat sekitar 800 kepala keluarga yang tinggal di desa tersebut dan semua terpapar kabut asap. (rya)