Kastara.id, Motegi – Juara dunia MotoGP tiga kali Marc Marquez mengatakan, dirinya telah berhasil menuntaskan berbagai kesalahannya musim lalu dengan mengunci gelar musim ini lebih awal.

Pebalap Repsol Honda asal Spanyol yang baru berusia 23 tahun ini, kini tercatat telah mengkoleksi lima gelar juara dunia dalam karirnya. Sikapnya dianggap makin dewasa, terutama dalam menjalani balapan musim 2016. Ia melakukan pendekatan balapan dengan jauh lebih tenang dengan mengurangi pengambilan risiko yang sekaligus menjadi kunci keberhasilannya.

“Kami memulai musim ini dengan perjuangan yang keras. Tapi kami selalu percaya bahwa saya harus mengubah strategi, saya harus menjadi tenang,” kata Marquez.

Sejujurnya Marquez mengakui ada perbedaan mencolok dengan balapan tahun lalu. “Di beberapa balapan saya bisa ngotot, dan menjadi lebih cepat. Tahun lalu saya berjuang keras, saya selalu ngotot di setiap balapan. Saya seorang pria yang kuat, tapi ternyata itu salah,” ujarnya.

Dengan tiga balapan tersisa, Marquez kini telah memenangkan lima seri balapan tahun 2016. Jumlah tersebut sama dengan jumlah kemenangannya tahun lalu. Yang berbeda adalah tahun ini Marquez tak pernah gagal finis, sedangkan tahun lalu ia mengalami enam kali DNFs yang merusak gelarnya. (sit)