Jakarta Recycle Center (JRC)

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta berkolaborasi mengembangkan Jakarta Recycle Center (JRC) dengan berbagai pemangku kepentingan. Pemilahan sampah sangat penting untuk mempermudah daur ulang sampah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih mengatakan, program JRC yang diadaptasi dari kota Osaka Jepang ini merupakan salah satu wujud implementasi dari Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 77 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Sampah Lingkup Rukun Warga (RW) di mana pemilahan sampah dilakukan oleh setiap rumah tangga.

Andono menjelaskan, sampai saat ini program JRC telah melibatkan sekitar 1.335 rumah tangga di lokasi komplek Bukit Mas, Ozone, dan Taman Alfa Indah, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Setiap warga mendapatkan edukasi untuk melakukan pemilihan berdasarkan delapan kategori yaitu sisa makanan, plastik, kertas, botol PET & cup, logam, kaca, B3, dan residu.

“Petugas mengangkut sampah terpilah tersebut secara rutin sesuai jadwal yang sudah ditentukan,” kata Andono (15/10).

Andono mengungkapkan, dalam pelaksanaannya partisipasi pemilahan sampah oleh warga mengalami fluktuasi keaktifan. Maka itu, dibutuhkan pendampingan intensif serta penyediaan sarana prasarana yang menunjang pemilahan sampah.

Oleh karena itu, Pemprov DKI Jakarta melihat adanya peluang kolaborasi antara lembaga pemerintah dan badan usaha swasta untuk membantu melakukan pendampingan pemilahan sampah kepada warga dari aspek sosial hingga aspek teknis.

Sementara Kepala Unit Pengelola Sampah Terpadu (UPST) Dinas Lingkungan Hidup Asep Kuswanto menambahkan, program JRC merupakan inisiatif dari Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta untuk mengurangi sampah yang dikirim ke TPST Bantargebang melalui pemilahan dan daur ulang sampah.

“Target kami, program ini dapat diimplementasikan oleh seluruh warga Kecamatan Pesanggrahan pada tahun 2023 dan dapat direplikasi ke wilayah lain di Ibukota,” kata Asep.

Untuk diketahui, Dinas Lingkungan Hidup saat ini berkolaborasi dengan PT Chandra Asri Petrochemical untuk melaksanakan program JRC. Perusahaan tersebtu menyediakan 36.000 lembar kantong sampah berbahan daur ulang yang ramah lingkungan, poster edukasi pemilahan sampah, dan juga bantuan pendampingan, sosialisasi dan evaluasi keberhasilan pemilahan sampah. (hop)