MotoGP 2020

Kastara.ID, Jakarta – Grand Prix Aragon akan berlangsung akhir pekan ini. Namun MotoGP dikejutkan kabar yang datang dari pembalap Monster Energy Yamaha Valentino Rossi yang dinyatakan positif COVID-19.

Rossi dipastikan positif Corona setelah tes pada Kamis (15/10) kemarin menjelang balapan seri kesepuluh pekan ini di Aragon, Spanyol.

Rossi dipastikan absen di Aragon 1 akhir pekan ini, dan besar kemungkinan juga akan melewatkan Aragon 2 pekan selanjutnya.

Jika melewatkan dua balapan yang akan datang, maka Rossi total lima kali berturut-turut tak mencetak poin setelah DNF di Emilia Romagna, Catalunya dan Le mans.

Kondisi ini tentu merugikan Rossi yang ingin memulihkan posisi di klasemen dan membuatnya sangat sedih.

“Saya sedih dan marah karena saya melakukan yang terbaik untuk menghormati protokol.. Bagaimanapun, begitulah adanya dan saya tidak dapat melakukan apa pun untuk mengubah situasi,” ujar Rossi lewat media sosialnya.

“Saya sekarang akan mengikuti nasehat medis dan saya hanya berharap saya akan segera sembuh,” ujar pembalap Italia itu.

Managing Director Yamaha Motor Racing Lin Jarvis mengungkapkan bahwa ini adalah berita yang sangat buruk untuk Rossi dan berita yang sangat buruk untuk tim Monster Energy Yamaha MotoGP, dan untuk semua penggemar MotoGP di seluruh dunia.

“Pertama dan terpenting kami berharap Rossi tidak akan terlalu menderita dalam beberapa hari mendatang dan akan pulih sepenuhnya dalam waktu sesingkat mungkin. Itu menjadi pukulan kedua bagi operasi MotoGP kami setelah menghadapi ketidakhadiran Pemimpin Proyek Sumi-san dan lima insinyur YMC di balapan Le Mans setelah satu anggota dinyatakan positif, meskipun untungnya sama sekali tidak menunjukkan gejala,” papar Jarvis dalam rilis resmi MotoGP.

“Kedua insiden ini mengingatkan kita bahwa tidak peduli seberapa berhati-hati Anda, risikonya selalu ada, seperti yang kita lihat dengan meningkatnya jumlah infeksi di Eropa saat ini. Kami telah memeriksa dengan otoritas kesehatan Italia dan kami telah diberi tahu bahwa setiap anggota tim kami yang melakukan kontak dengan Rossi hingga Senin tidak termasuk dalam risiko langsung. Namun demikian, kami akan lebih memperhatikan mulai sekarang untuk meminimalkan kemungkinan masalah di masa mendatang,” imbuh Jarvis.

Belum ada rencana tentang siapa yang akan menggantikan Rossi di Aragon 2 nanti karena masih menunggu perkembangan kesehatan pembalap. (tra)