Paket Kebijakan Ekonomi XVI

Kastara.id, Jakarta – Salah satu strategi Pemerintah menghadapi ekonomi global antara lain menciptakan Paket Kebijakan Ekonomi XVI untuk menarik menarik modal asing dan investasi ke Indonesia.

Hal ini disampaikan para pejabat di bidang perekonomian yaitu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Darmin Nasution, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, Menteri Perindustrian (Menperind) Airlangga Hartarto, Gubernur Bank Indonesia (Gubernur BI) Perry Warjiyo, dan Wakil Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (Wakil Ketua DK OJK) Nurhaida pada siaran pers Paket Kebijakan Ekonomo XVI di Istana Negara, Jakarta, Jumat (16/11).

“Situasi ekonomi global masih tetap akan ada tekanan dan masih akan melambat di 2019. Kalau kita lihat lebih jauh, normalisasi kebijakan moneter di negara maju terutama di Amerika Serikat masih akan terus berlanjut. (Paket Kebijakan Ekonomi XVI) formal tujuannya untuk jangka menengah-panjang (ketahanan ekonomi nasional) tetapi ada unsur jangka pendek untuk memperkuat confidence dari pemilik dana supaya capital inflow (misalnya short-termcapital inflow  dan Foreign Direct Investment) masuk,” kata Menko Perekonomian Darmin Nasution.

Bentuk paket kebijakan ekonomi XVI terutama mencakup perluasan pemberian tax holiday dan relaksasi daftar negatif investasi (DNI). Kedua cakupan tersebut diharmonisasikan saling mendukung. Selain itu, Pemerintah juga melakukan evaluasi efektivitas kebijakan relaksasasi DNI tahun 2018 apakah tujuan target investasi tercapai. Terakhir, Pemerintah juga mengatur devisa hasil ekspor sumber daya alam (SDA).

Menambahkan penjelasan Menko Perekonomian dan Menperind, Menkeu menjelaskan bahwa kebijakan tax holiday sebelumnya telah menarik investasi baru. Diharapkan dengan adanya paket kebijakan XVI yang akan memperluas sektor dan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI)  maka jumlah investasi di Indonesia akan meningkat.

Tax holiday dalam bentuk OSS (Online Single Submission), dengan adanya penyederhanaan proses tax holiday hanya dalam waktu enam bulan kemarin kita sudah ada new investment sebesar lebih (Rp) 160 triliun masuk. Dengan adanya (Paket Kebijakan Ekonomi XVI) perluasan sektor dan KBLI kita harapkan kenaikannya akan lebih meningkat lagi,” pungkas Menkeu. (mar)