Anugerah Kihajar 2019

Kastara.ID, Jakarta – DKI Jakarta berhasil menyabet lima piala pada Kuis Kihajar (Kita Harus Belajar) 2019 yang diadakan oleh Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom Kemendikbud) RI.

Kelima piala tersebut masing masing diraih oleh;
1.  Bagas Saputra dari SMK Negeri 26 Jakarta berhasil menjadi Juara 1 untuk jenjang SMK
2. Lionel Marco Wijaya dari SD Sinar Dharma menjadi Juara 2 pada jenjang SD
3. Felicia Odelia Wijaya murid SMPK Ipeka Pluit berhasil meraih piala untuk Karya Terbaik Video Stream
4. Vincentius Ludwig Putra Widianto dari SMK Prestasi Prima menjadi Juara 1 Lomba Coding Edusiber 2019 kategori Siswa
5. Nur Zaman dari SMA Negeri 22 Jakarta menjadi Juara 3 Lomba Coding Edusiber 2019 untuk kategori Guru.

Anugerah Kihajar sendiri merupakan sebuah ajang kompetisi untuk peserta didik dan guru semua jenjang pendidikan baik yang ada seluruh tanah air dan sekolah Indonesia di luar negeri.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Syaefulloh Hidayat mengatakan, ini adalah bukti komitmen luar biasa dari Dinas Pendidikan DKI Jakarta untuk terus memajukan pendidikan melalui pemanfaatan teknologi.

“Hal ini dibuktikan bahwa Iima piala sekaligus diraih oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Bahkan, dari lima kategori berbeda,” ujarnya, Sabtu (16/11).

Syaefulloh menjelaskan, raihan prestasi merupakan langkah awah bagi seluruh insan pendidikan di Jakarta untuk terus meningkatkan mutu pendidikan dengan memanfaatkan teknologi.

“Komitmen ini akan terus dibangun dan disebarluaskan ke seluruh sekolah di DKI. Melalui pemanfaatan teknologi ini kualitas pendidikan di Jakarta akan semakin maju, kami ingin pendidikan di Jakarta menjadi benchmark untuk pendidikan secara nasional,” terangnya.

Peserta didik asal SMK Negeri 26 Jakarta Juara 1 Anugerah Kihajar, Bagas Saputra mengaku terharu atas prestasi yang berhasil diraihnya. Menurutnya, kompetisi ini juga memberi pengalaman berkesan karena harus bersaing dengan pelajar lain dari seluruh Indonesia.

“Terharu dan lebih termotivasi untuk lebih baik ke depan. Pesan untuk teman-teman, terus mencoba dan berusaha sampai kalian berhasil,” ungkapnya.

Sementara itu, peraih piala Karya Terbaik Video Stream, Felicia Odelia Wijaya mengaku tak menyangka karyanya bisa menjadi juara dalam ajang ini.

“Aku senang, tapi kaget juga bisa menang. Ini memotivasi aku untuk bisa editing lebih baik lagi. Intinya, lakukan semua dengan sungguh-sungguh karena pasti akan ada hikmahnya,” tandasnya. (hop)