Kastara.ID, Banjarmasin – Pada hari Sabtu-Ahad, 7-8 November 2020, merupakan hari bersejarah dan istimewa untuk member Toyota Agya Club (TAC) Kalimantan Selatan. Karena di hari ulang tahunnya yang kedua di Pantai Angsana di Kabupaten Tanah Bumbu dan berikut kegiatannya family campz, santunan, pembagian masker, donor darah, penanaman pohon, kampanye protokol kesehatan.

Santunan dan family camp diagendakan di hari Sabtu. Pemberian santunan langsung kepada anak-anak Pondok Pesantren Hidayatul Mukaromah di Kecamatan Satui. Pondok pesantren ini kebanyakan dari kalangan tidak mampu atau anak yatim piatu bersama gurunya, Fahmi.

Anak-anak pesantren datang sambil mengisi main rabanaan, jadi suasana semakin meriah dan bikin terharu. Santunan selain kepada anak-anak pesantren, juga kepada warga sekitar Pantai Angsana pun yang kurang mampu diundang.

Ada juga secara simbolis ke pengelola Pantai Angsana diberikan sumbangan batu sirtu satu truk untuk pengurukan depan mushola yang sering terkena banjir.

Lebih serunya lagi di malam hari setiap member TAC belajar berkemah atau family camp sambil mengajarkan anak-anaknya dekat dengan alam dan sedikit menjauhkan dari dunia gadget. Di sini para member mengikuti camping kebanyakan pemula, karena jumlahnya mencapai lebih dari 40 tenda.

Di hari Ahadnya, pembagian masker kepada member atau keluarga member TAC, dan selebihnya di bagikan ke masyarakat umum seperti pedagang-pedagang kecil yang menjajakan jualannya di pinggir pantai dan ke para pengunjung Pantai Angsana supaya merereka membiasakan memakai masker.

Donor darah yang didukung langsung PMI Kabupaten Tanah Bumbu diikuti 40 pendonor sekaligus menjadi agenda tahunan TAC Kalimantan Selatan.

Penanaman pohon sebagai penghijauan di area depan pantai ditanam 100 pohon tanaman seperti 60 pohon mahoni dan 40 pohon berbuah seperti klengkeng, jambu cristal, jambu monyet, duren, jeruk nipis, dan mangga. Secara simbolis pohon langsung diserahkan Ketua TAC Kalsel Didin Jaenudin kepada Kapolsek Angsana Iptu Bagus Yudho Sucahyo dan langsung ditanam di samping pendopo. Penyerahan simbolis kedua diserahkan Ketua Pelaksana Lulus kepada Nanda Satya Anindra sebagai Sales Area Manager Kalsel-Teng, dan langsung ditanam secara bersamaan di area yang sama.

Sedangkan kampanye protokol kesehatan dipimpin langsung Kapolsek Angsana Iptu Bagus Yudho Sucahyo. Beliau berpesan, jangan anggap sepele terhadap wabah yang belum berakhir ini. “Tetap jalankan 3M tadi mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak. Dan terakhir, jadilah pelopor keselamatan di jalan raya. Jadikan contoh yang benar untuk pengendara lain,” tandasnya.

Didin Jaenudin sebagai Ketua TAC Kalsel berpesan, tetap jaga silaturahmi dengan baik terhadap sesama member, jaga terus kekompakan dan kesolidannya. Dan ucapan terima kasih kepada para sponsor yang ikut mensukseskan acara ini, terutama kepada Pertamina yang sudah mendukung penuh. (sla)