Juara Dunia Konstruktor dan Tim

Kastara.ID, Valencia – Tiga pembalap Ducati Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo), Jorge Martin (Pramac Racing), dan Jack Miller (Ducati Lenovo), berturut-turut finis 1, 2, dan 3, menyapu bersih podium MotoGP Valencia, Ahad (14/11) lalu.

Hasil ini juga menghantarkan Ducati Lenovo menjadi juara dunia tim untuk MotoGP musim 2021. Tujuh hari sebelumnya, Ducati juga mengamankan gelar juara dunia konstruktor di Algarve.

Ducati hanya kehilangan gelar juara dunia pembalap yang menjadi milik pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo.

Gelar juara dunia tim ini, merupakan gelar kedua sejak pertama kali diraih pada 2007 silam.

“Saya senang dengan kemenangan hari ini. Untuk menang mengenakan helm Valentino Rossi adalah luar biasa dan cara terbaik untuk merayakan balapan terakhirnya. Keberhasilan hari ini luar biasa, dan sekarang kami tahu kami siap untuk memperjuangkan gelar pembalap tahun depan.

Selama musim ini, kami telah meningkatkan pengaturan motor balapan demi balapan, dan pada akhir 2021, GP Desmosedici menjadi sangat kuat, begitu juga dengan para pebalapnya. Kami punya basis yang sangat baik untuk tahun depan, dan saya berharap untuk memulainya. Kami telah memperoleh banyak pengalaman, dan kami telah berkembang pesat!

Tim ini luar biasa, dan suasana di dalam garasi luar biasa! Saya sangat senang, dan saya berterima kasih kepada Ducati untuk semua ini,” papar Bagnaia usai balapan di Valencia seperti rilis resmi tim.

“Saya senang, meskipun saya ingin mencapai sesuatu yang lebih hari ini (P3). Sayangnya, saya kehilangan beberapa waktu di awal dan harus memperbaiki posisi untuk kembali dalam perebutan podium. Itu adalah balapan yang bagus, dan saya bersenang-senang. Valencia adalah trek yang sangat saya sukai, dan senang menyelesaikan musim seperti ini.

Ini pertama kalinya tiga pembalap Ducati finis di podium, dan senang menjadi bagian dari pencapaian penting ini. Saya yakin motor kami akan lebih baik tahun depan, jadi saya menantikan musim 2022 dan mencoba untuk memperjuangkan gelar pembalap. Tahun ini saya finis keempat (klasemen pembalap), dan itu adalah hasil terbaik saya di Kejuaraan MotoGP, jadi saya semoga tahun depan bisa lebih baik lagi,” jelas Miller.

“Hasil hari ini benar-benar tonggak penting bagi kami, dan ini adalah hari bersejarah bagi Ducati. Dengan tiga motor kami di podium adalah mimpi, terutama karena itu adalah balapan dengan jarak yang sangat dekat. Pecco, Jorge, dan Jack melakukannya. Pekerjaan yang luar biasa dan mendapatkan gelar tim seperti ini luar biasa.

Saya sangat senang, dan saya berterima kasih kepada semua orang di Ducati Corse atas komitmen dan dedikasi mereka musim ini. Mencapai sejauh ini membutuhkan upaya besar dari semua orang! Kami akan melakukannya terus bekerja keras untuk membawa kembali gelar pebalap ke Borgo Panigale musim depan,” ungkap Gigi Dall’Igna yang menduduki kursi General Manajer Ducati Corse.

Dengan hasil MotoGP Valencia, Ducati Lenovo mengunci gelar juara dunia dengan total 433 poin, mengalahkan tim Monster Energy Yamaha yang meraih 380 poin. (tra)