Pol Espargaro Red Bull KTM Factory Racing(motogp.com)

Kastara.ID, Barcelona – Pembalap asal Spanyol, Dani Pedrosa, resmi menjadi pembalap penguji untuk pabrikan Austria, KTM mulai 2019 sampai 2020 mendatang.

Meski masih terikat kontrak dengan Repsol Honda sampai 31 Desember nanti, tapi Pedrosa diizinkan untuk menguji coba motor RC16 milik KTM pertengahan Desember ini.

Pembalap pabrikan Red Bull KTM Factory Racing Pol Espargaro sangat penasaran dengan pendapat Pedrosa nantinya usai menjajal KTM.

“Saya sangat menantikan reaksi pertama Pedrosa ketika mengendarai motor kami, karena itu akan jadi hal yang paling penting untuk perkembangan mesin,” ujar Espargaro itu kepada MotorSport.

“Kalau seandainya nanti Pedrosa bilang motor KTM layaknya besi baja, saya bisa maklum karena semuanya butuh proses pembelajaran,” imbuhnya.

Espargaro sangat yakin bahwa KTM nantinya bakal sangat terbantu dengan kedatangan Pedrosa yang punya segudang mengalaman dalam hal pengembangan motor. Kehadiran Pedrosa ini juga menjadi kabar baik untuk KTM.

“Dengan Pedrosa, Anda bisa mengikuti dua arah. Entah itu menerapkan set-up luar biasa, hal rumit karena gaya balapnya yang unik, atau ia memberi kami banyak informasi dari Honda. Jadi kami dapat meningkatkan motor KTM,” pungkasnya.

Pol Espargaro akan bertandem dengan pembalap Prancis, Johann Zarco, di tim pabrikan KTM mulai 2019.

Tahun 2019 juga KTM untuk pertama kalinya akan diramaikan oleh tim satelitnya yang dibekali dengan mesin pabrikan. Itu artinya akan ada empat motor pabrikan sama persis untuk dua tim KTM. (lan)