Reses

Kastara.ID, Jakarta – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta menggelar Rapat Paripurna Penyampaian Laporan Hasil Reses Ketiga Pimpinan dan Anggota DPRD DKI Jakarta Tahun Anggaran 2021. Rapat tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi dan dihadiri Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi meminta aspirasi masyarakat yang tertuang dalam reses ketiga segera ditindaklanjuti Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) Pemprov DKI Jakarta.

“Laporan akan disampaikan kepada Gubernur untuk ditindaklanjuti dalam Musrenbang Provinsi DKI Jakarta sebagai salah satu bahan masukkan dalam penyusunan anggaran pembangunan,” ujar Pras, sapaan akrabnya, di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih (15/12).

Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta, Bambang Kusmanto menuturkan, pihaknya menggelar reses ketiga tahun anggaran 2021 mulai tanggal 4-26 November.

“Reses DPRD DKI merupakan bagian dari mekanisme penyaluran aspirasi masyarakat yang harus dilanjutkan kepada Eksekutif dalam hal ini Pemprov DKI,” katanya.

Bambang mencontohkan, memasuki musim penghujan, bagi warga yang terdampak banjir perlu mendapatkan perhatian serius salah satunya dengan penyediaan perahu karet di daerah rawan banjir untuk memudahkan evakuasi warga.

Kemudian di bidang Ekonomi dan Keuangan Daerah, pihaknya meminta Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI untuk meningkatkan dan memperbanyak pelatihan serta pendampingan dalam program pembentukan koperasi kepada masyarakat sehingga diharapkan masyarakat menjadi lebih kreatif dalam mengembangkan usahanya.

Di bidang Kesejahteraan Rakyat dan Pendidikan, pihaknya mengusulkan agar program JAK Wifi dapat terus dilanjutkan karena program ini terbukti membantu para siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran jarak jauh terlebih di masa pandemi seperti saat ini.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyampaikan terima kasihnya kepada para anggota dewan yang telah menampung aspirasi dari masyarakat. Pihaknya akan menindaklanjuti hasil reses pimpinan dan anggota DPRD DKI kepada SKPD dan UKPD Pemprov DKI Jakarta.

“Kami dari pihak Eksekutif akan menindaklanjuti hasil reses para anggota dan pimpinan DPRD DKI. Kami juga berterima kasih kepada para anggota dewan yang telah terjun ke lapangan untuk menghimpun dan menerima aspirasi warga Jakarta,” tandasnya. (hop)