DBD

Kastara.ID, Depok – Biasanya jentik-jentik nyamuk demam berdarah berkembang biak pada musim penghujan. Biasanya di tempat air tergenang dan kita lupa membersihkan, sehingga dalam jangka waktu dua minggu jentik nyamuk itu bisa berkembang biak dengan cepatnya.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Novarita, masyarakat pun selalu diingatkan harus menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing. Hal ini guna mecegah penyebaran nyamuk demam berdarah dengan melakukan Pemeriksaan Jentik Berkala (PJB).

Faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan dan penyebaran kasus DBD sangat kompleks yaitu terdapatnya genangan air bersih pada suatu tempat. Seperti penampungan wadah air.

Pada DBD disebabkan oleh virus yang disebarkan oleh gigitan nyamuk. Terdapat empat virus dengue, yaitu virus DEN-1, DEN-2, DEN-3, dan DEN-4. Nyamuk yang berasal dari famili tertentu yaitu Aedes Aegypti atau Aedes Albopictus.

“Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) adalah salah satu cara yang efektif untuk memberantas nyamuk khususnya nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD),” terang Nova.

Upaya–upaya yang sudah dilakukan, imbuh Nova, antara lain dengan memutus rantai penularannya dengan cara PSN yang meliputi pengurasan tempat penampungan air, menutup tempat penampungan, dan penguburan barang bekas (3M). (rud)