Sriwijaya Air

Kastara.ID, Kakarta – Tim Disaster Victim Identification (DVI) RS Polri telah menerima 188 kantong jenazah korban pesawat Sriwijaya Air SJ-182. Sebanyak 162 sudah diperiksa dan 26 sedang diproses petugas.

Komandan DVI Pusat Kedokteran dan Kesehatan Polri, Kombes Pol Hery Wijatmoko mengatakan, jumlah tersebut merupakan data terkini identifikasi korban hingga Ahad (17/1).

“Sampai pukul 09.00 WIB pagi ini, kami telah menerima total 188 kantong body part yang semua itu terdiri dari 162 yang sudah diperiksa dan sisanya 26 sedang kami periksa,” ujar Kombes Hery di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur.

Hary menjelaskan, 26 kantong jenazah yang baru diterima itu bakal dilakukan pembedahan oleh empat tim medis, termasuk dari Inafis. RS Polri juga telah menerima sebanyak 351 DNA, terdiri dari 208 sampel postmortem dan 143 sampel antemortem.

Menurut Hary, encocokan melalui sampel DNA jika jenis kelamin antara kedua data, antemortem dan postmortem sama, maka tim pemeriksa harus menentukan pemeriksaan lebih mendalam untuk dianalisa untuk mengetahui identitas korban.

“Ada beberapa sampel antemortem yang sedang kami lakukan pemeriksaan, salah satunya sampel dari Jawa Tengah karena bila jenis kelaminnya sama, kami harus melakukan pemeriksaan mendalam untuk menemukan si A si B-nya,” jelasnya. (ant)