Disinfektan

Kastara.ID, Jakarta – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kepulauan Seribu melakukan disinfeksi terhadap kapal rescue yang digunakan dalam pencarian korban maupun material pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh di sekitar perairan Pulau Laki dan Pulau Lancang, Kelurahan Pulau Pari, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan.

Ketua PMI Kepulauan Seribu, Natsir Sabara mengatakan, kapal yang  disemprot cairan disinfektan oleh relawan meliputi kapal Basarnas, kapal TNI AL, dan seluruh kapal yang bersandar di Dermaga Pulau Lancang usai pencarian korban.

“Semua kapal disemprot disinfektan, pengangkut penyelam, pengangkut temuan korban atau jenazah dan material, jumlahnya ada 14 kapal,” ujarnya, Ahad (17/1).

Natsir menjelaskan, penyemprotan disinfektan tersebut dilakukan oleh enam relawan PMI Kepulauan Seribu yang sebelumnya selalu siaga di Posko Pulau Lancang.

“Disinfeksi ini menghabiskan 60 liter cairan disinfektan. Selain kapal yang bersandar, semua petugasnya sebelum turun ke dermaga juga ikut didekontaminasi,” terangnya.

Ia berharap, dengan penyemprotan terhadap peralatan kerja, kapal dan petugasnya, bisa mengantisipasi penyebaran COVID-19 di Kepulauan Seribu.

“Ini bagian dari penerapan protokol kesehatan dan upaya pencegahan agar petugas dapat bekerja dengan rasa aman serta nyaman, fokus terhadap pencarian,”¬† tandasnya. (hop)