Kastara.id, Jakarta – Oppo Indonesia akhirnya resmi memboyong Oppo F7 ke khalayak di pasaran Indonesia lewat peluncurannya di Jakarta, Selasa (17/4). Sebelumnya Oppo F7 menjalani debutnya di India 26 Maret lalu.

Oppo F7 merupakan hasil pengembangan dengan banyak fitur berdasarkan Kecerdasan Buatan (AI) yang menjadi solusi baru. “(Oppo) F7 bukan hanya lanjutan F series, tetapi desain dengan teknologi AI terbaru,” ujar Marketing Director Oppo Indonesia Alinna Wenxin.

Marketing Plan Oppo Indonesia Suwanto menambahkan bahwa AI Beauty 2.0 kini telah diperluas hingga leher dan lengan pengguna. Titik pengenalan menjadi lebih banyak meningkat 20 persen, yakni 296 titik.

Sebuah catatan kembali ditorehkan Oppo F7. “Oppo F7 menjadi smartphone pertama di dunia dengan resolusi kamera depan tertinggi yaitu 25MP,” jelas Suwanto seraya menambahkan bahwa kamera depan Oppo F7 juga dibekali sensor HDR Sony 576.

Menurut Suwanto, AI Beauty mampu mengenali berdasarkan warna kulit dan gender, sehingga efek beauty akan nampak lebih natural.

AI Beauty yang disematkan pada F7 kini ditambahkan machine learning yang dapat mempelajari preferensi user dalam menggunakan efek beautify. Demikian pula efek bokeh dengan AI yang mampu memisahkan objek dengan background.

Sementara fitur Vivid Mode di F7 menghasilkan foto yang lebih hidup ditambah AR Sticker yang lucu pada wajah dan AI Recognition untuk mengenali objek seperti foto makanan yang dideteksi berbeda dengan foto pantai.
Perangkat F7 yang akan beredar di Indonesia memiliki spesifikasi yang sama dengan India.

Spesifikasi Oppo F7 sama seperti yang dipasarkn di India. Menggunakan chipset Mediatek Helio P60 yang terbilang masih sangat baru.

Prosesor 8 inti dengan format ARM big ini diperkenalkan pertama kalinya di ajang Mobile World Congress (MWC) 2018, akhir Februari lalu.

F7 mengusung 4 inti ARM Cortex-A73 seperti pada Helio X30 dan 4 inti ARM Cortex-A53 yang masing-masing inti memiliki kecepatan 2.0 Ghz.

Prosesor berkemampuan tinggi imi diklaim mampu menyamai kinerja dari prosesor Snapdragon 660.

Oppo F7 juga sudah mengadopsi layar notch berukuran 6,23 inci dan aspek rasio 19:9, serta dibekali kamera belakang 16MP.

Soal media penyimpanan, F7 memberikan pilihan 4GB/64GB dan 6GB/128 yang dapat diperluas dengan slot microSD hingga 256GB. Kemampuannya dipadu dengan ColorOS 5.0 berbasis Android 8.1 Oreo, serta baterai 3400mAh.

Oppo F7 sementara tersedia pilihan warna Solar Red dan Moonlight Silver. Sedangkan warna Diamond Black akan tersedia pada 3 Mei mendatang.

Soal harga, Oppo F7 varian 64GB dibanderol Rp 4,199 juta, sementara Oppo F7 varian 128GB dibanderol Rp 5,499 juta. (rfr)