Beras

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta menyebut stok beras saat ini masih mencapai 445.000 ton atau masih mencukupi untuk kebutuhan lima bulan ke depan.

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Darjamuni mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah mempersiapkan ketersediaan dan kebutuhan pangan di tengah pandemi COVID-19 yang sedang melanda Jakarta.

“Warga Jakarta tidak perlu khawatir dan panik atau melakukan pembelian pangan secara berlebihan,” ujarnya, Jumat (17/4).

Darjamuni menjelaskan, Dinas KPKP sudah menghitung pangan yang diperlukan untuk warga Jakarta. Koordinasi dengan Bulog dan BUMD di kalster pangan seperti, PT Food Station Tjipinang Jaya, PD Dharma Jaya, Perumda Pasar Jaya, daerah produsen pangan, Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Kepolisian, PT KAI, terus diperkuat.

“Kami juga berkoordinasi dengan para pelaku usaha pangan baik distributor, importir, pedagang pangan dan instansi terkait dalam upaya menjamin kontinuitas dan stabilitas pangan Jakarta,” terangnya.

Menurutnya, PT Food Station dan Bulog juga akan menyiapkan gula pasir sebanyak 5.733 ton, daging sapi mencapai 9.808 ton, minyak goreng sekitar 200.000 liter.

“Jumlah tersebut belum termasuk stok yang berada di pedagang, baik di pasar modern dan pasar tradisional sehingga prediksi kami stok pangan aman hingga Idul Fitri 2020,” ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk pangan segar yang tidak dapat distok seperti sayuran, buah-buahan, cabai, bawang merah, telur ayam diprediksi terjadi panen raya di sentra produksi hingga Idul Fitri.

“BUMD pangan juga telah melakukan kontrak farming business to business dengan petani atau gapoktan di daerah produksi untuk menjamin stok pangan di Jakarta,” ucapnya.

Ia menambahkan, untuk memberikan kemudahan bagi warga Jakarta Bulog, BUMD Pangan dan Toko Tani Indonesia Center yang dikelola oleh DKPKP juga memberikan pelayanan belanja pangan secara daring (online).

Adapaun tautan belanja online yang dapat diakses oleh masyarakat sebagai berikut:
1. Bulog melalui tautan shopee.co.id/ipanganandotcom
2. PT Food Station Tjipinang jaya melalui tokopedia.link/u8lsG8kLo5; blibli.com/merchant/food-station-tjipinang-jaya/FOS-35367; dan shopee.co.id/foodstationofficial?v=276&smtt=0.0.3
3. PD Dharma Jaya dapat diakses di situs tokopedia.link/vjbYA1SLb5; shopee.co.id/meatshopdj66?smtt=0.0.9; blibli.com/download-app; dan bukalapak.com/u/tokodagingdharmajaya66
4. Perumda Pasar Jaya melalui belanja.pasarjaya.co.id/
5. Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Provinsi DKI Jakarta melalui instagram.com/p/B-ZlxfHJVaz/
(hop)