Ramadan

Kastara.id, Depok – Memasuki bulan suci Ramadan 1439 Hijriah, seluruh masjid dipenuhi jamaah untuk menunaikan salat taraweh. Jamaah terlihat memenuhi saf demi saf dengan tertib.

Itulah gambaran suasana malam kedua Ramadan di Masjid Jami Alhikmah di kawasan Cagar Alam, Pancoran Mas, Kota Depok, Kamis (17/5).

Usai salat Isya berjamaah, Ustadz Abdul Manaf Hasan dari DKM Masjid Jami Alhikmah sempat menyampaikan terima kasih, khususnya kepada anak-anak yang dengan tertib mengikuti salat Isya dan taraweh berjamaah.

Begitu usai salat taraweh, dilanjutkan dengan tausiyah oleh Ustadz Cholid Khoir yang menyampaikan materi tentang berlimpahnya ganjaran pahala kebaikan selama bulan suci Ramadan. Jika dalam keseharian kita kerap mendengar istilah ‘buy one get one’ yang bermakna membeli satu akan mendapat gratis satu. Namun ada keistimewaan atau hebatnya bulan suci Ramadan.

“Di bulan suci Ramadan justru berlaku ‘buy one get more n more’. Ya, kebaikan akan berbalas berlipat ganda. Apalagi dengan menjalankan ibadah puasa yang akan membentuk karakter, akhlak, dan jasmani rohani,” ujarnya.

Cholid Khoir juga menyampaikan fenomena nafsu harta dan jabatan dan tidak berfungsinya akal. Dengan nafsunya manusia terhadap harta dan jabatan seolah semakin menggambarkan tidak berfungsinya akal manusia.

Para jamaah pun antusias mengikuti tausiyah, terutama dengan penyampaian Ustadz Cholid Khoir yang begitu gamblang memberikan contoh betapa masih banyaknya yang percaya dengan kebijakan-kebijakan para pemimpin yang kerap lebih membuat kondisi masyarakat semakin memprihatinkan.

Untuk itulah, kepada kaum muslim diharapkan mampu menggunakan akalnya dengan baik agar ke depan bisa menjalani kehidupan dengan lebih baik lagi. Insya Allah. (fik/dwi)