Headline

DTKJ Harapkan Kerja Sama Transjakarta-BNEF Percepat Program Jakarta Langit Biru

Kastara.ID, Jakarta – Dalam rangka memperkuat implementasi bus listrik di Jakarta, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) baru saja mengadakan kerja sama dengan Bloomberg New Energy Finance (BNEF), penyedia jasa penelitian strategis tentang pasar komoditas global dan teknologi disrupsi asal Inggris.

Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) mendukung dan berharap langkah tersebut mempercepat pencapaian program Jakarta Langit Biru.

”DTKJ mendukung kerja sama antara Transjakarta dengan BNEF. Hal ini sejalan dengan lima rekomendasi DTKJ tentang percepatan elektrifikasi transportasi di Jakarta menuju Jakarta Langit Biru,” kata Ketua DTKJ, Haris Muhammadun, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (17/5).

Kelima rekomendasi dimaksud adalah percepatan elektrifikasi bus Transjakarta, percepatan infrastruktur elektrifikasi transportasi, percepatan regulasi yang mengatur insentif mobil listrik di Jakarta, percepatan penerapan ERP, dan pembatasan usia kendaraan bermotor yang beroperasi di Jakarta.

Ia menyampaikan, dalam percepatan elektrifikasi bus Transjakarta ini, jika perlu seluruh pengadaan kendaraan dinas di Jakarta memelopori penggunaan kendaraan listrik. DTKJ menilai masyarakat Jakarta memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap kendaraan listrik, tetapi masih terlihat skeptis terhadap kapabilitas produk, ketersediaan infrastruktur, dan harga jual.

“Namun demikian, siap tidak siap harus siap, kalau tidak ketinggalan dari negara lain. Karena sebenarnya penggunaan kendaraan listrik ini sangat bagus untuk mengurangi polusi udara dan juga hemat energi. DTKJ berharap lima rekomendasi tentang percepatan elektrifikasi transportasi di Jakarta tersebut mulai diterapkan,” ucapnya.

Selain langit biru, pihaknya berharap percepatan elektrifikasi transportasi di Jakarta mendorong pengurangan kemacetan. Ia mengajak semua pihak untuk terus bersinergi dan berkolaborasi dalam mewujudkan transportasi Jakarta yang lebih baik. (hop)

Leave a Comment

Recent Posts

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…

55 Anggota PPK Depok di Lantik Dan Langsung Berkerja Untuk Pilkada Serentak 2024

Kastara.Id,Depok - Kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat secara  resmi melantik…

Pencabutan dan Pembatalan Surat Pernyataan Sikap

Kastara.Id,Depok - Berdasarkan  Nomor  015/BSS/PS/V-2024 TANGGAL 14 MEI 2024.  Seluruh jajaran pengurus Perkumpulan Barisan Supian…

Selamat Ginting: Jurnalisme Investigasi Berkontribusi Terhadap Pemerintahan Demokrati

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting menegaskan, jurnalisme investigasi keberadaannya sangat penting…

Selamat Ginting : Demokrasi Asli Indonesia Sumbernya Semangat Kolektivisme

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan, demokrasi asli Indonesia sumbernya adalah…

POPWILDA wilayah I Jabar di Ikuti Tujuh Daerah.

Kastara.Id,Depok - Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono melepas ratusan atlet yang akan mengikuti…