Esjepequote#448

#oldtimestoryteller
Terjadi pada mulai 1 hingga 20 Juli 1977 Jambore Nasional Pramuka di Sibolangit, Sumatera Utara. Dihadiri oleh sekitar 25.000 pramuka dari seluruh Indonesia dan beberapa negara sahabat.

Dalam sambutannya Presiden Soeharto berpesan begini…

Saya merasa bangga karena kalian yang sehat, gembira, trampil, cakap dan bersemangat – seperti yang saya saksikan saat ini – adalah calon-calon pemimpin dan penerus pembangunan bangsa kita di masa datang.

Di tangan kaum remaja yang demikian kita semua akan memandang masa depan dengan penuh kepercayaan dan harapan.

Kaum remaja masa kini yang saling mengenal, saling percaya, yang saling tolong menolong seperti yang akan kalian tanamkan dalam hati kalian masing-masing selama dalam perkemahan ini, pasti akan merupakan benih yang sehat bagi persatuan dan persaudaraan bangsa kita di masa datang.

Di samping itu kalian menjadi Pramuka karena kalian ingin menjadi pemuda-pemudi yang baik: yang memiliki kepribadian dan watak, yang ingin jasmaninya kuat dan rohaninya sehat, yang ingin tinggi kecakapannya dan ketrampilannya, yang ingin cerdas otaknya dan halus budi pekertinya, yang ingin hidup sungguh-sungguh tetapi juga penuh dengan kegembiraan.

Dengan begitu kalian menyiapkan diri agar berguna bagi diri sendiri, berguna bagi keluarga, berguna bagi masyarakat dan berguna bagi bangsa dan negara yang kita cintai bersama ini. Dengan begitu kalian juga telah menyiapkan diri untuk memiliki syarat-syarat yang penting untuk menjadi pemimpin bangsa dan masyarakat.
…..
Dalam Dasa Dharma antara lain kalian menyatakan pada diri sendiri, bahwa kalian berjiwa Pancasila dan patriot Indonesia yang setia.

Alangkah hebat, mendebarkan dan memberi semangat baja Tri Satya dan Dasa Dharma itu!

Begitu pidatonya.

Salam dari Bogor,

#studioesjepe #pesandarisibolangit #pramuka #mesintik #mesinketik #puisi #hmsoeharto #iwanesjepe #fromthedeskofiwanesjepe #bogor #pancasila #indonesia
#selamatpagi #puisipagi #dailywithkompas #sejarah #sejarahindonesia #sibolangit #sumaterautara