Kastara.Id,Depok – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok menormalisasi outlet Situ Bojongsari. Langkah ini dilakukan agar dapat mengembalikan fungsi outlet agar aliran kembali normal sebagai pencegahan banjir.

“Kami lakukan normalisasi outlet Situ Bojongsari dengan cara membersihkan tumbuhan liar dan sampah. Ini merupakan kegiatan rutin,” Kata Kepala DPUPR Kota Depok Citra Indah Yulianty, Selasa (16/5).

Masih kata Citra, pembersihan ini dilakukan secara manual karena tumbuhan liar masih dapat ditangani dengan bantuan alat sederhana seperti arit, golok dan batang bambu. Adapun satuan tugas (satgas) yang diturunkan sebanyak satu regu atau 10 personel.

“Kami juga menurunkan satu unit truk untuk mengangkat sampah menuju TPA Cipayung. Targetnya hari ini selesai,” ungkapnya.

Citra berharap, upaya ini bisa memaksimalkan fungsi outlet dan tidak menghambat aliran dari hulu ke hilir, sehingga potensi banjir bisa diantisipasi lebih dini.

“Mudah-mudahan outlet yang telah kami normalisasi dapat berfungsi dengan baik. Apalagi saat ini kita memasuki anomali cuaca. Nanti panas, nanti hujan tiba-tiba,” kata Citra.

Sementara itu, Satgas DPUPR Depok yang bertugas Ryan Inar Saputra menyebut, dibutuhkan keterampilan khusus untuk melakukan normalisasi secara manual. Faktor kehati-hatian juga perlu diperhatikan.

“Yang jelas kami harus bisa berenang. Meskipun arus tidak begitu deras, tetap harus hati-hati untuk menghindari hal yang tidak diinginkan,” ucapnya.

“Alhamdulilah normalisasi outlet Situ Bojongsari hari ini, berjalan lancar dan sudah selesai,” tutupnya.