VinFast Mobil Buatan Vietnam Mengaspal Hari Ini

VinFast

Kastara.ID, Jakarta – Vietnam resmi mempunyai mobil nasional. Senin (17/6), pabrik otomotif Vietnam, Vingroup, secara resmi mendistribusikan mobil buatan mereka bernama VinFast. Direktur Vingroup Nguyen Viet Quanghe mengatakan, VinFast akan bersaing dengan mobil buatan Jepang dan Amerika Serikat seperti Toyota dan Ford.

Quanghe menyebut pabrik mereka di Hai Phong, juga memproduksi skuter listrik dan bus. Quanghe menyatakan pihaknya telah menerima sekitar 10 ribu pesanan mobil VinFast serta puluhan ribu skuter listrik.

Sementara itu Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc berharap kehadiran mobil nasional bisa mendorong dan memberikan kontribusi bagi perekonomian negaranya. Ia berharap VinFast bisa bersaing dengan mobil buatan negara lain yang lebih dulu memproduksi mobil, seperti Jepang, Jerman, dan AS.

Baca Juga:  Ketika Rakyat Hong Kong, Taiwan, dan Vietnam Bergolak

Xuan Phuc menyebut negaranya mempersiapkan pembuatan mobil nasional selama dua tahun. Ia menjelaskan VinFast sudah disiapkan sejak 2017. Demi mewujudkan impian memiliki mobil nasional, Vietnam pun menganggandeng ahli otomotif Eropa.

Mantan Wakil Presiden Global Maufacturing General Motors Jim Deluca pun ditunjuk sebagai bos VinFast.

Selain itu beberapa merek otomotif terkemuka juga turut bergabung menggarap mobil nasional pertama Vietnam ini. Beberapa merek terkemuka seperti Opel, BMW, Magna Steyr, serta rumah desain Pininfarina turut berpartisipasi. Tujuannya agar mobil nasional yang dibuat tidak asal-asalan.

Pada peluncuran produk pertamanya, VinFast memboyong dua model sekaligus yakni sedan dan Sport Utility Vehicle (SUV). Kedua model itu mengusung platform yang sama seperti BMW. Mesin yang digunakan pun berupa mesin turbo BMW 2.0 L. Namun mesin ini telah dimodifikasi oleh ahli mesin Austria, AVL agar cocok dengan karakter VinFast. (sla)