Ragunan

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta melakukan disinfeksi secara serentak di kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol, Taman Margasatwa Ragunan, dan Monas.

Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Satriadi Gunawan mengatakan, dalam penyemprotan disinfektan tersebut dikerahkan sebanyak 250 personel dengan dukungan puluhan armada seperti, unit pompa dan portable spray.  

“Penyemprotan disinfektan dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman pada pengunjung sebelum dioperasikan kembali mulai Sabtu mendatang,” ujarnya, Rabu (17/6).

Satriadi menjelaskan, kegiatan ini sesuai dengan Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 462 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan penanganan Covid-19 dan Peraturan Gubernur Nomor 51 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar Pada Masa Transisi Menuju Masyarakat Sehat, Aman dan Produktif.

“Dinas Gulkarmat DKI Jakarta mendapatkan tugas melaksanakan strelisasi lingkungan, fasiltas umum, fasilitas sosial, dan fasilitas peribadatan melalui pembersihan dan penyemprotan disinfektan,” terangnya.

Ia menambahkan, meski telah dilakukan disinfeksi, protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19 harus terus diterapkan dengan harapan masyarakat semakin sadar dan disiplin.

“Kami terus berupaya untuk melakukan pencegahan penyebaran pandemi COVID-19 dengan melakukan penyemprotan secara berkala tempat atau fasilitas umum, tempat wisata, hingga rumah ibadah,” tandasnya. (ant)