Sri Mulyani

Kastara.id, Jakarta – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan, untuk dapat mengelola keuangan negara dengan lebih baik, dibutuhkan kesehatan jasmani yang baik pula. Menkeu menyampaikan hal tersebut pada “Workshop Kesehatan: Kiat Memelihara Kebugaran Jasmani Bagi Pejabat Kementerian Keuangan” di Aula Djuanda, Selasa (17/7).

Menkeu juga mengingatkan agar tidak lupa menjaga kebugaran fisik dengan tidur dan berolahraga yang cukup serta banyak makan buah dan sayur.

“Tolong periksa kesehatan secara rutin, jangan hanya pada saat sakit. Tidur cukup, gerak cukup, dan banyak makan buah dan sayur,” pesan Menkeu kepada para pejabat yang hadir.

Mednurut Menkeu, ini penting diadakan agar para seluruh jajaran Kemenkeu dapat melakukan tindakan preventif dengan memiliki kebiasaan yang baik. Untuk mendapatkan kesehatan yang baik, tubuh harus dipelihara dengan baik.

Menkeu juga mengajak seluruh pejabat untuk rajin berolahraga. Sesederhana dengan melakukan jalan di tempat ketika rapat berlangsung lebih dari satu jam.

“Kalau rapat lebih dari 1 jam, seluruh peserta diajak berlari-lari kecil. Itu hal kecil tapi matters a lot. Saya juga di kamar kerja saya sendirian jalan di tempat bahkan lari-lari kecil karena itu penting untuk otot kita bergerak,” ujarnya.

Selain itu, Menkeu juga mengingatkan agar peserta mampu mengatur tingkat stres. Menurut Dr. H. Agus Ali Fauzi, PGD.Pall. Med (ECU) yang hadir sebagai narasumber, 75% dari kesehatan jasmani tergantung dari tingkat stres.

“Kita harus paham level stres dan bagaimana mengelolanya. Kita memiliki lima values, salah satunya sinergi. Tidak mungkin kita sinergi kalau semuanya stres,” tukas Menkeu.

Terakhir, Menkeu berharap workshop kesehatan ini bisa diadopsi agar menggerakkan seluruh jajaran Kementerian Keuangan agar memiliki kualitas hidup yang baik dengan memiliki keseimbangan antara hidup dan kerja atau work-life balance. (mar)