Marquez, Rossi, VinalesJuara MotoGP Jerman Marc Marquez diapit Valentino Rossi dan Maverick Vinales di podium kemenangan di Sirkuit Sachsenring, Jerman (15/7). (motogp.com)

Kastara.id, Sachsenring – Di depan 89.242 penonton, pembalap Repsol Honda Marc Marquez menang untuk kesembilan kalinya berturut-turut di Sirkuit Sachsenring, Jerman (15/7).

Kini pembalap asal Spanyol itu semakin memantapkan posisinya di puncak klasemen sementara unggul 46 poin dari Valentino Rossi.

Keunggulan Marquez saat finish 2,1 detik lebih cepat di depan Rossi. “Aku mencintaimu, Sachsenring,” sapa Marquez di parc ferme.

Marquez juga meraih hadiah “Ring of the Sachsenring”, sebuah cincin emas, untuk lap tercepat 1 menit 21.643 detik. “Kemenangan lain di sini di Sachsenring, tapi tahun ini agak sulit. Lebih rumit karena kondisi kering sepanjang akhir pekan. Ini memungkinkan lawan untuk menyetel motor mereka dengan sempurna dan menyesuaikan dengan gaya balap mereka,” ujar Marquez.

Faktanya, Marquez memang tampil sempurna tanpa hambatan. “Ban sangat konsisten, saya tidak merasakan penurunan besar, bahkan saya tak merasakan perubahan apa pun pada ban,” tandasnya.

Marquez kini semakin kokoh memimpin klasemen. Keunggulannya cukup signifikan dari poin yang diraih Rossi maupun Maverick Vinales.

“Dua pembalap yang saya harapkan kuat di sini adalah pembalap Ducati. Jorge Lorenzo tampil ngotot sejak awal, kemudian saya melihat bahwa bannya mulai sangat tergerus. Saya sangat sulit untuk menyalipnya, tapi pada akhirnya saya bisa melakukannya,” pungkas pembalap Spanyol itu. (yan)