Nasdem

kastara.ID, Jakarta – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Nasdem Johnny G Plate menegaskan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah nama untuk menjadi menteri kabinet pada pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin, termasuk beberapa anak muda. Salah satunya adalah Prananda Paloh, putra Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

Johnny menambahkan, hal itu sejalan dengan keinginan Jokowi yang ingin merekrut anak muda atau kalangan milenial sebagai calon menteri. Johnny memastikan Prananda Paloh mempunyai kapasitas sebagai pembantu presiden. Terlebih Prananda Paloh sudah berpengalaman sebagai anggota DPR RI pada periode 2014-2019 dan kembali terpilih pada periode 2019-2024.

Selain itu, menurut Johnny, Prananda juga berpengalaman di Garda Pemuda Nasdem. Di dalam internal Partai Nasdem, Prananda juga mempunyai kemampuan yang mumpuni.

Namun Johnny menegaskan, Partai Nasdem tidak pernah memberikan daftar nama calon menteri ke Jokowi. Partai Nasdem hanya memberikan bahan pertimbangan bagi Jokowi dalam memilih calon-calon pembantunya. Jika nantinya ada kader Partai Nasdem yang terpilih sebagai menteri kabinet, maka Johnny memastikan akan membebaskannya dari seluruh tugas di partai. Hal ini agar kader tersebut bisa fokus membantu Presiden Jokowi.

Sementara itu Sekjen Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani mengatakan, pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah nama untuk menjadi menteri. Menurut Arsul, penunjukan nama-nama menteri tidak hanya dari kader internal atau jenjang struktur.

Arsul menjelaskan, tidak semua kader yang dipersiapkan adalah para anggota DPR tapi juga orang-orang PPP yang duduk di lembaga profesional atau organisasi internasional. Meskipun belum pasti, jika memang mempunyai kapasitas maka akan pula ditarik. (rya)