Kartu Indonesia Sehat

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengakui pemerintah kesulitan menurunkan tingkat kemiskinan. Pasalnya kemiskinan yang saat ini ada merupakan penduduk dengan penghasilan terendah. Darmin menjelaskan saat ini jumlah penduduk miskin sebanyak 25,41 juta atau sekitar 9,41 persen dari penduduk Indonesia.

Itulah sebabnya, Darmin memastikan pemerintah akan terus melaksanakan program-program pengentasan kemiskinan. Program tersebut perlu diperkuat dan diperluas di tahun mendatang guna menurunkan tingkat kemiskinan di Indonesia.

Darmin menyebut beberapa program-program pengentasan kemiskinan utama yang telah dilakukan pemerintah antara lain sertifikasi tanah, bantuan pangan non tunai (BPNT) serta pemberian Kartu Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Pekerja. Namun Darmin memperkirakan program-program itu tidak akan cukup dan perlu diperluas.

Meski begitu, mantan Gubernur Bank Indonesia ini enggan menjelaskan lebih lanjut terkait strategi yang akan dilakukan pemerintah untuk menurunkan jumlah penduduk miskin.

Sebelumnya Kepala Badan Pusat Statistik Suhariyanto mengatakan, tingkat kemiskinan telah turun hingga menyisakan 25,95 juta orang. BPS menyatakan jumlah tersebut sudah semakin sulit untuk diturukan. (rya)