GWM

Kastara.ID, Jakarta – Bulan Juli ini, GWM resmi menggelar peluncuran global merek TANK di Arab Saudi. Setelahnya, volume penjualan GWM di pasar luar negeri sukses mencapai satu juta unit secara kumulatif. Angka penjualan tersebut menjadi pencapaian baru dalam globalisasi GWM.

“Model ini (GWM TANK300) adalah ekspor yang ke satu juta dari GWM Group. Jadi, momen tersebut merupakan pencapaian yang luar biasa,” ujar Gautam Arun, Product Director, GWM, Timur Tengah, di acara tersebut.

Menurut data penjualan terkini dari GWM, volume penjualan total tercatat sebanyak 518.525 unit pada Semester I-2022, dan 62.823 unit di antaranya terjual di pasar luar negeri, atau setara dengan 12% dari volume total.

Pasar Afrika Selatan tetap memimpin angka penjualan tersebut. Menurut laporan National Association of Automobile Manufacturers of South Africa (NAAMSA), selama dua bulan pertama pada 2022, 3rd Gen HAVAL H6 menguasai 15% pangsa pasar di segmen SUV berukuran kecil.

Angka penjualan GWM yang luar biasa di pasar luar negeri tercapai berkat tiga aspek, yakni produk bermutu tinggi, jangkauan pasar yang luas, serta kegiatan operasional di pasar lokal.

Produk bermutu tinggi, seperti GWM POER, TANK300, HAVAL H6 HEV, dan ORA GOODCAT, mewujudkan pengalaman berkendara yang berteknologi cerdas, bersemangat muda, dan ramah lingkungan. Lalu, tiga merek teknologi GWM, termasuk L.E.M.O.N, TANK, dan COFFEE intelligence, juga menjadi teknologi inti dalam pengkinian dan pemutakhiran produk.

Kini, produk GWM telah diekspor ke banyak negara, dan membuktikan keunggulan merek ini, serta pesona sektor otomotif Tiongkok kepada dunia.

GWM membangun stasiun pengisian daya baterai (supercharging station) pertama di dunia yang memakai sumber listrik fotovoltaik, penyimpanan energi, dan pengisian daya di Thailand pada tahun lalu. Lebih lagi, GWM mendirikan anak usaha di Jerman, tepatnya di Munich, serta kantor pusat regional di Eropa sebagai pusat pengembangan pasar di Eropa daratan.

Dalam upaya globalisasi, GWM sukses mendongkrak angka penjualan produk bermutu tinggi melalui kegiatan produksi dan strategi pemasaran di pasar setempat.

Pada Januari 2022, GWM resmi mengambil alih pabrik Iracemápolis di Brazil, dan berinvestasi senilai RMB 11,5 miliar guna memperluas rantai industri lokal. Dengan menjadi sponsor di ajang-ajang terkemuka, seperti kegiatan triatlon dan selancar air WSL di pasar Australia, GWM pun aktif melokalisasi program pemasarannya dengan hak kekayaan intelektual. Hal ini bertujuan menjangkau budaya dan kehidupan masyarakat lokal, serta meningkatkan kesadaran konsumen atas merek dan produknya.

GWM telah menjalankan perencanaan dan strategi untuk menaklukkan pasar luar negeri selama 25 tahun berturut-turut, serta sukses membuat pencapaian terbaik. Volume penjualan GWM di pasar luar negeri mencapai 142.793 pada tahun lalu, atau melesat 103,7% secara tahunan.

Menurut keterangan eksekutif GWM di ajang “Overseas Distributors Online Conference”, GWM berencana mencapai angka penjualan tahunan global sebanyak empat juta unit pada 2025, dan 80% di antaranya adalah produk dengan energi baru yang menawarkan teknologi cerdas. (sla)