Hari Kemerdekaan

Kastara.id, Makkah – Hari ini Indonesia merayakan hari ulang tahun (HUT) kemerdekaannya yang ke-73. Kegembiraan dirasakan anak bangsa, tidak terkecuali jemaah haji Indonesia yang saat ini tengah berada di Makkah Al Mukarramah.

“Selamat HUT RI ke-73,” pekik jemaah haji Indonesia bersama Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Syisyah, Makkah, Jumat (17/8).

Menurut Menag, upacara peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke-73 di Arab Saudi, dilakukan di Konsulat Jenderal RI Jeddah dan Kedutaan Besar RI di Arab Saudi. Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) tidak menggelar upacara secara khusus.

“Tapi saya tadi bertemu dengan jemaah haji kita dan mereka sangat antusias. Bahkan mereka ikut menyanyikan lagu Indonesia Raya dan 17 Agustus dan itu dilakukan secara spontanitas,” terang Menag.

“Saya merasa bahagia karena keindonesiaan jemaah haji kita tetap terjaga. Mereka tetap mengingat bahwa hari ini adalah Hari Proklamasi kemerdekan kita,” sambungnya.

Menag berharap semangat keindonesiaan ini tetap, tidak hanya dalam pekik kemerdekaan,  tapi juga dalam semangat dan kerja untuk memberikan yang terbaik buat negara.

“Tolong jemaah yang ada di Tanah Suci, kita doakan mudah-mudahan Indonesia tetap jaya. Semoga di hari kemerdekaan ini kita bisa terus memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara,” ajak Menag diaminkan puluhan jemaah haji yang mengerubutinya. (put)