Sampah
Kastara.ID, Jakarta – Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta memberikan pelatihan pengolahan sampah kepada para peserta Jambore Nasional (Jamnas) Pramuka XI di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur pada 14-21 Agustus 2022.

Materi pelatihan yang diberikan meliputi pemilahan sampah, komposting dan biokonversi Maggot BSF.

Kepala Seksi Penyuluhan dan Hubungan Masyarakat Dinas LH DKI Jakarta, Yogi Ikhwan mengatakan, dalam acara ini, pihaknya menyediakan booth untuk para peserta agar dapat mengikuti rangkaian pelatihan tersebut.

Pelatihan ini dibagi menjadi dua gelombang setiap harinya. Gelombang pertama pukul 09.00-11.00, sedangkan gelombang kedua pukul 13.00-15.00.

“Setiap gelombang diikuti 30-40 anggota pramuka. Kita juga mengelola sampah yang dihasilkan dari seluruh kegiatan Jamnas,” ujar Yogi (16/8).

Ia melanjutkan, selain pelatihan, dalam kegiatan ini pihaknya juga mengajak 80 peserta Jamnas mengunjungi TPST Bantar Gebang setiap hari.

Selama ini sampah dinilai menjadi permasalahan yang sering dihadapi di lingkungan penduduk. Persoalan itu juga dipengaruhi pengelolaan sampah yang belum baik.

Maka itu, edukasi pengelolaan sampah harus diberikan sejak dini yang salah satunya melalui anggota Pramuka. Selama mengikuti kegiatan, anggota Pramuka juga dapat mengetahui manfaat pengolahan sampah dengan cara 3R (Reduce, Reuse, Recycle).

“Penting menumbuhkan kepedulian masyarakat sejak dini terhadap pentingnya menjaga kebersihan, pemilahan sampah secara mandiri serta pengetahuan akan manfaatnya,” tandas Yogi. (hop)