Kapal Perang

Kastara.ID, Jakarta – China diketahui akan membangun kapal perang untuk angkatan laut Thailand. Pembangunan ini direncakan akan menjadikan Thailand sebagai armada militer terbesar yang pernah dibuat China untuk negara asing.

Rencana ini terkuak melalui pernyataan CSSC Senin (16/9), menyatakan bahwa ini merupakan kali pertama China menjual kapal sebesar itu ke negara asing.

Bahkan, CSSC mengklaim kesepakatan ini merupakan suatu pencapaian besar dalam kerja sama strategis kedua negara. Keduanya telah berjanji untuk memperkuat kolaborasi penjualan senjata demi memperkuat perdamaian dan stabilitas kawasan.

Meski demikian, kedua negara baik China dan Thailand tidak menjelaskan lebih lanjut spesifikasi kapal tersebut dan kapan waktu pembuatan dan pengiriman Tipe 071E itu.

Merujuk pada keterangan CSSC, Tipe 071 merupakan kapal terbesar China yang diperkuat dengan sistem persenjataan mutakhir. Kapal sepanjang 210 meter dan lebar 28 meter ini mencapai volume angkut hingga 25 ribu metrik ton.

Kecanggihan kapal Tipe 071 ini mampu berlayar lebih dari 18.500 kilometer dalam sekali perjalanan. Dijelaskan juga bahwa Tipe 071E secara spesifik lebih baik ketimbang jenis 071 lainnya.

Dengan demikian, Tipe 071E digadang-gadang akan menjadi kapal perang terbesar di Asia Tenggara. (rya)