Karhutla(antaranews.com)

Kastara.ID, Palembang – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Sumatera Selatan (Sumsel) masih terus berlangsung. Parahnya lagi, kabut asap tebal hingga kini masih menyelimuti kota Palembang.

Terkait hal ini, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengancam, akan mencabut izin perusahaan yang melakukan pembakaran (16/10). Pihaknya telah menginstruksikan kepada para Bupati dan Wali Kota untuk menginventarisir seluruh administrasi perizinan perusahaan terutama yang wilayahnya terbakar. Izin perusahaan akan dicabut apabila ada yang melanggar Klausul (ketentuan dari perjanjian).

Pihaknya pun berencana akan melakukan sidak ke seluruh perusahaan perkebunan di Sumatera Selatan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan seluruh peralatan pemadam kebakaran yang dimiliki oleh tiap-tiap perusahaan.

Diberitakan sebelumnya, karhutla di Sumsel menjadi penyebab kabut asap tebal menyelimuti Kota Palembang. Dampaknya, sebanyak 500 sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) terpaksa diliburkan selama kurang lebih satu pekan. (yan)