Maverick Vinales(motogp.com)

Kastara.id, Valencia – Pembalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales, akan menggunakan nomor start 12 untuk MotoGP musim 2019 mendatang. Vinales tak akan lagi menggunakan nomor start 25, nomor yang selama ini ia pakai.

Vinales menggunakan nomor start #25 sejak balapan di seri CEV yang berbasis di Spanyol, kecuali saat ia naik ke kelas Moto2, karena ada permintaan sponsor untuk menggunakan nomor start #40.

Vinales memutuskan untuk mengganti nomor startnya ke angka #12 karena hari ulang tahunnya adalah tanggal 12 Januari.

Sementara itu, pembalap asal Swiss, Thomas Luthi, saat ini menggunakan nomor 12, tapi ia akan turun ke ke Moto2 tahun depan setelah satu musim bermasalah di kelas utama bersama Satelit tim Marc VDS.

Empat pembalap baru di MotoGP 2019 juga tak akan menggunakan nomor start 12. Fabio Quartararo akan menggunakan nomor start #20, Joan Mir nomor start #36, nomor yang sama dengan yang mereka gunakan di Moto2 musim ini.

Sedangkan Francesco Bagnaia yang punya nomor start 42 sudah digunakan oleh pebalap Suzuki, Alex Rins, dan nomor start 21 yang digunakannya saat di kelas Moto3 dulu sudah dipakai oleh Franco Morbidelli. Jadi Bagnaia akan menggunakan nomor start #63 di MotoGP 2019 mendatang.

Miguel Oliveira yang menggunakan nomor start #44 hingga saat ini, akan bentrok dengan nomor start Pol Espargaro tahun depan di kelas utama. Jadi pembalap Portugal itu akan memilih nomor start #88 saat membela tim Satelit KTM Tech3. (dwi)