Firdaus Kasubag Humas Polresta Depok

Kastara.id, Jakarta – Seorang tahanan dalam kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) tewas di dalam ruang tahanan Polres Kota Depok. Dari hasil penyelidikan, tim medis menemukan ada luka lebam pada tubuh korban.

Kasubag Humas Polresta Depok Ajun Komisaris Polisi (AKP) Firdaus membenarkan kabar tersebut. Dia mengatakan tahanan yang tewas itu bernama Yulius Lucas Tahapary alias Ulis (35 tahun), tersangka kasus pencurian kendaraan bermotor.

“Iya betul, ada yang meninggal satu orang. Kejadiannya Rabu kemarin,” kata Firdaus kepada wartawan (16/11).

Menurut Firdaus, kejadian itu bermula ketika pada Rabu (14/11), pihaknya mendapat laporan dari petugas piket jaga tahanan. Laporan tersebut menyebutkan ada salah satu tersangka yang ditemukan tak sadarkan diri di dalam ruang penjara. Kemudian, berdasarkan standar operasional prosedur, petugas pun langsung membawanya ke Rumah Sakit Polri Kramatjati.

“Jadi yang perlu saya tegaskan di sini, yang bersangkutan bukan tewas di ruang penyidik, tapi di dalam tahanan. Ini perlu saya luruskan agar tidak salah persepsi, karena info yang beredar saat ini salah,” kata Firdaus.

Firdaus menambahkan, hasil pemeriksaan sementara oleh tim medis, terdapat luka memar pada bagian lengan bawah. Penyebabnya masih diselidiki.

“Kalau penyebab kematiannya apa, kami belum tahu karena pihak keluarga menolak untuk dilakukan autopsi. Berdasarkan visum luar tidak ada luka sobek, hanya ada luka memar di lengan bawah,” jelas Firdaus.

Hasil rekam medis itu pun telah dilihat langsung oleh perwakilan pihak keluarga Ulis yang saat itu berada di rumah sakit. “Saat itu mereka sudah membuat pernyataan tidak bersedia visum dalam (diautopsi). Kami pun sedang melakukan pemeriksaan di internal atas kejadian ini. Ada tiga saksi yang kami periksa, yakni dari pihak tahanan dan petugas jaga. Saat ini masih dalam penyelidikan,” papar Firdaus.

Ulis dibekuk tim buru sergap Polresta Depok pada Selasa 13 November 2018. Ia ditahan setelah diduga terlibat aksi pencurian kendaraan bermotor di kawasan Sukmajaya, Depok.
Kejadian ini terekam kamera pengawas CCTV. Tak lama setelah ditahan, Ulis akhirnya tewas di dalam penjara. Hingga hari ini kasusnya masih dalam penyelidikan Polresta Depok. (rud)