Kastara.id, Valencia – Hari pertama MotoGP Valencia, Jumat (16/11) kemarin menjadi catatan cukup positif bagi pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi saat ia mengakhiri sesi Latihan Bebas di posisi tiga besar.

Sayangnya justru hasil buruk yang ia dapatkan di hari kedua ini, Sabtu (17/11).

Pembalap kelahiran Italia itu terjungkal di sesi Latihan Bebas ketiga, kemudian semakin terpuruk di Latihan Bebas keempat, membuatnya terlempar ke Kualifikasi Nr.1.

MotoGP Valencia 2018
(motogp.com)

Kondisi Rossi semakin sulit, karena ia sama sekali tak mampu bersaing dengan pembalap kelompok belakang selama sesi Kualifikasi Nr.1 berlangsung.

Rossi hanya mampu mengamankan posisi start ke-16, dengan waktu terbaiknya 1 menit 32.452 detik.

Bahkan Rossi harus kalah oleh anak didiknya sendiri, Franco Morbidelli, yang berhasil mengamankan posisi start ke-15, satu tingkat lebih baik dari Rossi.

Pembalap top lainnya yang mendapat hasil kualifikasi kurang memuaskan kali ini adalah pembalap Ducati Team, Jorge Lorenzo, yang baru comeback dari cederanya.

Lorenzo kembali membalap untuk pertama kalinya setelah melewatkan empat seri balap di Thailand, Jepang, Australia, dan Malaysia.

Lorenzo akan memulai balapan GP Valencia besok (18/11) dari posisi start ke-13, sekaligus sebagai balapan terakhirnya bersama Ducati Team. (dwi)